Pengaruh Probing Question terhadap peningkatan partisipasi belajar siswa pada mata pelajaran Fiqih Kelas VI di SD Nahdlatul Ulama 1 Trate Gresik

Al Miskiyah, Zakiyah (2009) Pengaruh Probing Question terhadap peningkatan partisipasi belajar siswa pada mata pelajaran Fiqih Kelas VI di SD Nahdlatul Ulama 1 Trate Gresik. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Zakiyah Al Miskiyah_D01304128.pdf

Download (2MB)
Official URL: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/29115

Abstract

Seiring dengan perkembangan pendidikan di Indonesia salah satu yang harus dilakukan oleh seorang guru yang kompeten adalah mampu menciptakan lingkungan belajar yang efektif dan efesien serta mampu mengola kelas dengan baik. Oleh karena itu, diantara salah satu cara yang dipergunakan guru dalam menimbulkan dan meningkatkan partisipasi belajar yang ada pada diri siswa adalah dengan menggunakan metode pembelajaran yang tepat. Dalam skripsi ini penulis akan membahas tentang penggunaan probing question terhadap peningkatan partisipasi belajar siswa pada mata pelajaran fiqih kelas VI di SD Nahdlatul U1ama 1 Trate Gresik dengan tiga rumusan masalah sebagai berikut : 1. Bagaimana pelaksanaan probing question pada mata pelajaran fiqih kelas VI di SD NU 1 Trate Gresik? 2. Bagaimana peningkatan partisipasi belajar siswa pada mata pelajaran fiqih kelas VI di SD NU 1 Trate Gresik? 3. Apakah probing question terhadap peningkatan partisipasi belajar siswa pada mata pelajaran fiqih kelas VI di SD NU 1 Trate Gresik? Untuk memperoleh data dalam penelitian ini, penulis menggunakan beberapa metode antara lain: Metode observasi, interview, angket dan dokumentasi. Adapun teknik analisis yang digunakan adalah teknik kualitatif prosentase dengan teknik analisis statistik product moment. Hasil penelitian yang diperoleh adalah ada pengaruh yang cukup pada pelaksanaan probing question dalam pembelajaran fiqih kelas VI di SD NU 1 Trate Gresik, Pelaksanaan model pembelajaran probing question mendapat respon positif dari siswa hal ini ditunjukan berdasarkan analisis melalui prosentase, sebesar 68%. Berada antara interval 40%- 700/o. Adapun tentang peningkatan partisipasi belajar siswa kelas VI dalam pembelajaran fiqih di SD NU 1 Trate Gresik, tergolong cukup, hal ini ditunjukkan berdasarkan analisis melalui prosentase, sebesar 60%. Berada antara interval 40%- 70%. Ada pengaruh pelaksanaan probing question terhadap partisipasi belajar siswa pada mata pelajaran fiqih kelas VI di SD NU I Trate Gresik. Hal ini dapat dibuktikan dari basil rxy = 0,439, jika dikonsultasikan dengan tabel "r'' product moment dengan df = 35 pada taraf signifikasi 5% = 0,325 sedangkan pada taraf signifikasi 1% = 0,418. Berarti rxy > r tabel (rxy > dari r tabel) baik pada taraf signifikasi 5% maupun 1%. Dengan hasil rxy = 0.439 besarnya nilai rxy apabila diinterprestasikan pada standart rxy product moment terletak antara 0,40-0.70 sehingga pengaruh yang ada cukup atau sedang.

Email: digilib@uinsby.ac.id
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisor: Zuhri, Ach. Muhibbin
Uncontrolled Keywords: Probing Question; partisipasi belajar; strategi belajar
Subjects: Pendidikan > Strategi Belajar Mengajar
Pendidikan > Pembelajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Editor : Abdun Nashir------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 25 Jan 2019 08:03
Last Modified: 25 Jan 2019 08:03
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/29115

Actions (login required)

View Item View Item