Sinetron "Islam KTP" dan tingkat religiusitas: studi pengaruh pada Masyarakat Dusun Kauman RT.06 RW.01 Desa Bangsal Kecamatan Bangsal Kabupaten Mojokerto

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Anita, Nur (2011) Sinetron "Islam KTP" dan tingkat religiusitas: studi pengaruh pada Masyarakat Dusun Kauman RT.06 RW.01 Desa Bangsal Kecamatan Bangsal Kabupaten Mojokerto. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Nur Anita_B06207041.pdf

Download (2MB)

Abstract

Ada dua persoalan yang hendak dikaji dalam penelitian ini, yaitu: (1) Adakah pengaruh pesan sinetron "Islam KTP" terhadap tingkat religiusitas masyarakat Dusun Kauman RT.06 RW.01 Desa Bangsal Kecamatan Bangsal Kabupaten Mojokerto. (2) Jika ada, sejauh mana tingkat pengaruh pesan sinetron "Islam KTP" terhadap tingkat religiusitas masyarakat Dusun Kauman RT. 06 RW. 01 Desa Bangsal Kecamatan Bangsal Kabupaten Mojokerto. Untuk mengungkapkan persoalan tersebut secara menyeluruh dan mendalam, dalam penelitian ini, peneliti menggunakan metode pendekatan kuantitatif yaitu suatu pendekatan yang digunakan dalam penelitian jika data yang dipakai adalah data-data kuantitatif atau berbentuk angka-angka. Yang kemudian dianalisis dengan menggunakan rumus Regresi Liniear Sederhana. Adapun yang menjadi responden dalam penelitian ini adalah masyarakat Dusun Kauman RT. 06 RW. 01 Desa Bangsal Kecamatan Bangsal Kabupaten Mojokerto sebanyak 41 orang dengan kriteria yang sudah ditentukan. Dalam penelitian ini juga, peneliti menggunakan teknik pengumpulan data dengan koesioner, observasi, wawancara dan dokumentasi. Untuk analisis data peneliti menggunakan program SPSS/or windows versi 14,0. Dari hasil penelitian ini ditemukan bahwa sinetron "Islam KTP" berpengaruh terhadap tingkat Religiusitas masyarakat Dusun Kauman RT. 06 RW. 01 Desa Bangsal Kecamatan Bangsal Kabupaten Mojokerto dengan nilai sebesar 0,534 yang tergolong hubungan "sedang". Dengan demikian sinetron "Islam KTP" tersebut mempunyai pengaruh sedang terhadap Tingkat Religiusitas Masyarakat Dusun Kauman RT. 06 RW. 01 Desa Bangsal Kecamatan Bangsal Kabupaten.Mojokerto. Bertitik tolak dari penelitian ini, ada saran yang perlu diperkirakan dapat dijadikan bahan pertimbangan bagi peningkatan kualitas sinetron. Mengingat sinetron "Islam KTP" berpengaruh terhadap Tingkat Religiusitas Masyarakat Dusun Kauman Rt. 06 RW. 01 Desa Bangsal Kecamatan Bangsal Kabupaten Mojokerto, semua pihak pengelola stasiun Televisi khususnya SCTV, diharapkan bisa lebih meningkatkan lagi siaran sinetron-sinetron yang bermuatan pesan moral dan nilai religi atau program-program lainnya yang bernuansa Islami. Yang memiliki dampak positif terhadap pemirsanya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Anita, Nur--UNSPECIFIED
Subjects: Dakwah > Dakwah - Media
Media Massa
Teknologi > Teknologi Informasi
Uncontrolled Keywords: Sinetron "Islam KTP"; Tingkat Religiusitas
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Editor : Abdun Nashir------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 25 Jan 2019 07:33
Last Modified: 25 Jan 2019 07:33
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/29112

Actions (login required)

View Item View Item