Penggunaan media Kantong Pintar Bahasa untuk meningkatkan keterampilan membaca puisi pada pelajaran Bahasa Indonesia siswa Kelas V MI Darus Salam Gresik

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Lailiyah, Mamik Nur (2015) Penggunaan media Kantong Pintar Bahasa untuk meningkatkan keterampilan membaca puisi pada pelajaran Bahasa Indonesia siswa Kelas V MI Darus Salam Gresik. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (8kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (72kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (141kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (426kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (141kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (469kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (54kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (166kB) | Preview

Abstract

Dalam pelaksanaan pembelajaran bahasa Indonesia di kelas V MI Darus Salam Gresik menunjukkan hasil belajar siswa yang belum maksimal, hal ini dapat dilihat dalam pencapain ketuntasan yang diperoleh 58 dengan aktivitas siswa dalam pembelajaran bahasa Indonesia khususnya pada materi membaca puisi cenderung pasif dan tidak semangat dalam kegiatan belajar mengajar, dikarenakan guru kurang menggunakan media atau metode dalam pembelajaran.adapun cara untuk mengatasi permasalahan tersebut yaitu dengan melalui media kantong pintar bahasa. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah 1) Bagaimana penerapan Media Kantong Pintar Bahasa pada mata pelajaran bahasa Indonesia di MI Darus Salam Gresik? 2) Bagaimana peningkatan kemampuan membaca puisi siswa kelas V MI Darus Salam Gresik dengan menggunakan Media Kantong Pintar Bahasa? Tujuan dari penelitian sesuai dengan rumusan masalah diatas melalui media kantong pintar Bahasa diharapkan dapat dapat meningkatkan keterampilan membaca puisi pada siswa kelas V MI Darus Salam Wringinanom Gresik. Metode Penelitian ini terdiri dari 4 tahap yaitu tahap perencanaan, tahap tindakan/pelaksanaan, obsevasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas V MI Darus Salam Wringinanom Gresik tahun pelajaran 2014/2015, dengan jumlah siswa 20 terdiri dari 6 siswa laki-laki dan 14 siswa perempuan. Variabel penelitian berlangsung sebanyak 2 iklus. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa aktivitas siswa, aktivitas guru dan keterampilan siswa dalam membaca puisi. Siklus I rata-rata aktivitas guru 69 dengan kategori cukup, siklus II 87,5 dengan kategori sangat baik. Sedangkan aktivitas siswa siklus I rata-rata 61 dengan kategori cukup, siklus II 89,4 dengan ketegori sangat baik. Hasil keseluruhan aktivitas guru dan aktivitas siswa sudah baik. Hasil keterampilan membaca puisi siklus I memperoleh rata-rata 71,75 dengan kategori cukup, siklus II 78,4 dengan kategori baik. Hasil belajar siswa pada siklus I memperoleh rata-rata 69,1 dengan kategori cukup, siklus II 80,9 dengan kategori baik.Simpulan dalam penelitian ini bahwa pembelajaran bahasa Indonesia dalam keterampilan membaca puisi dengan menggunakan media kantong pintar Bahasa dapat meningkatkan aktivitas suru, aktivitas siswa terutama keterampilan siswa dalam membaca puisi. Disarankan agar guru melaksanakan refleksi mengenai pembelajaran sehingga dapat meningkatkan kualitas pembelajaran.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Lailiyah, Mamik Nur--D37211053
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Thesis advisorMasud, Sulthonsulthonmasud@yahoo.com2073091001
Subjects: Metode Pembelajaran
Puisi
Uncontrolled Keywords: Membaca Puisi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Editor : Aries Hamidah------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 04 Dec 2015 08:28
Last Modified: 10 Feb 2020 04:16
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/2911

Actions (login required)

View Item View Item