Politik Kelembagaan Pendidikan Islam: belajar dari masa Orde Baru

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Sujak, Sujak (2015) Politik Kelembagaan Pendidikan Islam: belajar dari masa Orde Baru. Tarbawiyah - Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 2 (01). pp. 1-16. ISSN 2356 - 1351

[img] Text
Sujak_Politik Kelembagaan Pendidikan Islam.pdf

Download (11MB)
Official URL: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/29109

Abstract

Politik dan Pendidikan ibarat dua sisi mata uang yang berbeda namun sangat melekat. Pendidikan membutuhkan dukungan politik, sementara membangun kekuatan politik cukup efektif dengan mengangkat isu-isu pendidikan. Tidak salah jika dalam lintasan sejarah perkembangan dunia Islam, keberadaan politik dan pendidikan tidak bisa dipisahkan. Demikian halnya dalam konteks Indonesia, perjalanan sejarah mulai masa penjajahan hingga pasca kemerdekaan, politik dan pendidikan mengalami pasang surut. Tulisan ini mengurai sisi lain politik pendidikan masa Orde Baru terutama dari sisi kelembagaan yang banyak mengalami perkembangan, seperti pembaharuan madrasah dengan SKB Tiga Menteri yang fenomenal. Tidak salah jika hal ini dijadikan sebagai inspirasi dalam mengembangkan pendidikan Islam masa reformasi yang tentunya perlu pengembangan sesuai kebutuhan dengan tidak menghilangkan nilai-nilai luhur agarna dan budaya bangsa.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Article
Creators:
CreatorsEmailNIM
Sujak, Sujak--UNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan Islam
Politik > Politik Islam
Keywords: Politik; kelembagaan; Orde Baru; madrasah; pondok pesantren
Divisions: Karya Ilmiah > Artikel Jurnal
Depositing User: Editor : Abdun Nashir------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 25 Jan 2019 06:41
Last Modified: 25 Jan 2019 06:41
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/29109

Actions (login required)

View Item View Item