Umat Islam pengrajin patung batu di Kecamatan Trowulan Kabupaten Mojokerto

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Sa'adah, Amylatus (2019) Umat Islam pengrajin patung batu di Kecamatan Trowulan Kabupaten Mojokerto. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Amylatus Sa'adah_A72214031.pdf

Download (1MB)

Abstract

Skripsi ini mengkaji tentang Umat Islam Pengrajin Patung di Kecamatan Trowulan Kabupaten Mojokerto. Adapun masalah yang dibahas pada skripsi ini sebagai berikut: 1). Bagaimana monografi Kecamatan Trowulan? 2). Bagaimana kegiatan pengrajin patung batu di Kecamatan Trowulan? 3). Bagaimana pandangan hidup pengrajin patung batu?. Untuk menjawab permasalahan tersebut, penulis menggunakan metode etnografi. Metode ini menggunakan empat tahap penelitian yaitu, Menetapkan Informan, Melakukan wawancara dan pengamatan, Membuat catatan etnografi dan Mengajukan pertanyaan deskriptif. Penelitian ini menggunakan pendekatan emik digunakan peneliti untuk mengetahui pandangan hidupdari para pengrajin patung. Adapun teori yang digunakan dalam skripsi ini adalah teori fungsionalisme struktural oleh Robert K Marton fungsi dan disfungsi. Dengan teori ini penulis berharap dapat menjelaskan bahwa pengrajin patung batu memiliki pandangan hidup yang berguna untuk memenuhi kebutuhan hidup. Dengan rumusan masalah yang ada serta dari beberapa penelusuran yang penulis lakukan dari sumber-sumber primer dan sekunder, membuktikan bahwa 1). Adanya masyarakat islam yang membuat patung batu di Trowulan. 2). Adanya patung sakral dan profan. 3). Menurut pandangan hidup umat Islam pengrajin patung batu bahwa kegiatan tersebut berguna dalam memenuhi kebutuhan hidup.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Sa'adah, AmylatusUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Kesenian
Sejarah Peradaban Islam
Keywords: Pengrajin patung;
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Sejarah dan Peradaban Islam
Depositing User: Saadah Amylatus
Date Deposited: 28 Jan 2019 02:25
Last Modified: 28 Jan 2019 02:25
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/29106

Actions (login required)

View Item View Item