Efektifitas metode Peer Leson dalam meningkatan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran aqidah akhlak di Madrasah Aliyah Negeri Bangkalan

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Kadir, Abd. (2009) Efektifitas metode Peer Leson dalam meningkatan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran aqidah akhlak di Madrasah Aliyah Negeri Bangkalan. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Lilik Kholimah_D31205040.pdf

Download (2MB)

Abstract

Salah satu upaya untuk memperbaiki kualitas SOM Indonesia adalah dengan memperbaiki kurikulum pendidikan dan metode pengajaran di kelas. Kurikulum Berbasis Kompetensi (KBK) 2004 yang kini disempurnakan menjadi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) 2006 adalah kurikulum yang mempunyai konsep berbeda yang disesuaikan dengan tuntutan jaman dalam menyongsong globalisasi abad ke-21, sehingga diharapkan dapat memperbaiki kualitas belajar dan mengajar di kelas, serta menghasilkan kualitas SOM yang handal. Perubahan kurikulum dalam pelaksanaan pendidikan sangat diharapkan agar peserta didik termotivasi belajarnya disemua mata pelajaran. Untuk itulah, penelitian ini mencoba menawarkan sebuah altematif metode pembelajaran untuk dapat meningkatkan motivasi belajar siswa yaitu dengan menggunakan metode Peer Lesson. Masalah yang diangkat dalam penelitian ini adalah: 1. Bagaimana pelaksanaan metode peer lesson pada mata pelajaran aqidah akhlak di Madrasah Aliyah Negeri Bangkalan? 2. Bagaimana motivasi belajar siswa pada mata pelajaran aqidah akhlak di Madrasah Aliyah Negeri Bangkalan? 3. Bagaimana efektifitas metode peer lesson dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran aqidah akhlak di Madrasah Aliyah Negeri Bangkalan? Adapun penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Dan populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI MAN Bangkalan. Kemudian mengambil satu kelas secara acak sebagai sampel yaitu kelas XI IPA 3 yang berjumlah 40 siswa. Kemudian dalam pengumpulan data, peneliti menggunakan teknik pengumpulan data yang berbentuk observasi, wawancara, dokurnentasi dan penyebaran angket. Analisis data yang digunakan adalah prosentase dan indeks korelasi product moment "r". Berdasarkan hasil analisis data statistik dengan prosentase dan perhitungan "r" (Product Moment) dengan hasil rxy= 0.977. dan dari hasil signifikansi 5% dan 1% diketahui dari sini dapat diketahui bahwa "rxy" >"rt" maka hipotesis diterima. Oengan kata Iain, Efektifitas Metode Peer Lesson dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran aqidah akhlak diterima. Artinya metode Peer Lesson dapat diterapkan dengan baik oleh siswa-siswi Madrasah Aliyah Negeri Bangkalan. Berarti metode Peer Lesson sangat efektif dalam meningkatkan motivasi belajar aqidah akhlak.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Kadir, Abd.UNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Aqidah
Aqidah
Wajib Belajar > Aqidah

Pendidikan > Pendidikan Materi
Pendidikan > Metode
Uncontrolled Keywords: Metode Peer Leson; motivasi belajar; mata pelajaran aqidah akhlak
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Editor : samid library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 24 Jan 2019 08:31
Last Modified: 24 Jan 2019 08:31
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/29102

Actions (login required)

View Item View Item