Penerapan metode lovas pada pembelajaran PAI untuk Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) di Cakra Atisme Terapi Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Holida, Nurdiana (2008) Penerapan metode lovas pada pembelajaran PAI untuk Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) di Cakra Atisme Terapi Surabaya. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Nurdiana Holida_D01304223.pdf

Download (3MB)

Abstract

Judul penelitian ini adalah Penerapan Metode Lovas Pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) untuk Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) di Cakra Autisme Terapi Surabaya Judul ini peneliti angkat mengingat bahwa, Pembelajaran PAI penting sekali diberikan untuk anak berkebutuhan khusus, hal ini diharapkan agar dapat meningkatkan kualitas manusia menjadi lebih baik secara keimanam dan ketakwaan. Anak berkebutuhan khusus pada hakekatnya juga mempunyai kekurangan dan kelebihan yang perlu diasah dan dibimbing. Tingkah laku anak berkebutuhan khusus yang tidak diinginkan sebenarnya dapat dibimbing kearah yang lebih baik, sehingga perilakunya dapat diterima ditengah-tengah masyarakat layaknya anak normal dada umumnya. Akan tetapi didalam penerapan pembelajarannya tidak dapat disamakan antara anak normal dengan anak berkebutuhan khusus, maka dari itu diperlukan metode khusus untuk merangsang anak- anak tersebut. Metode untuk anak berkebutuhan khusus yang dipakai dalam penelitian ini adalah metode lovas, metode ini dipelopori oleh Ivar Lovas, karena tujuan metode ini menurut Ivar Lovas adalah untuk mengurangi atau menghilangkan tingkah laku yang tidak dikehendaki dan mengembangkan tingkah laku yang diharapkan. Metode ini dimulai dengan instruksi dan diakhiri dengan imbalan sebagai penguat ingatannya. Masalah yang diteliti dalam skripsi ini adalah Bagaimana penerapan metode. lovas pada anak berkebutuhan khusus, bagaimana pembelajaran PAl pada anak berkebutuhan khusus dan bagaimana penerapan metode lovas pada pembelajaran PAI untuk anak berkebutuhan khusus di Calera Autisme Surabaya. Dalam menjawab permasalahan tersebut, penulis menggunakan analisis kualitatif yang menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis atau lisan dari orang-orang dan perilaku yang diamati. Dengan menggunakan data observasi, wawancara dan dokumentasi. Dalam analisa kualitatif ini, penulis terjun langsung kelapangan untuk mempelajari suatu proses atau penelitian yang secara alami, mencatat, menganalisa, menafsirkan dan melaporkan serta menarik kesimpulan-kesimpulan dari proses tersebut. Hasil penelitian ini adalah bahwa metode lovas yang dipelopori oleh Ivar Lovas yang diterapkan pada pembelajaran PAI untuk anak: berkebutuhan khusus, sangat membantu sekali didalam proses belajar mengajamya untuk merangsang otak anak supaya memberikan respon yang baik, sehingga anak mempunyai pedoman hidup untuk mencari kebahagiaan dunia dan akhirat, serta untuk mencapai tujuan agama Islam yaitu kepribadian muslim yang seluruhnya dijiwai oleh ajaran Islam.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Holida, NurdianaUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan > Pembelajaran
Pendidikan > Metode
Anak > Anak Penyandang Cacat
Uncontrolled Keywords: Metode lovas; pembelajaran PAI; Anak Berkebutuhan Khusus (ABK)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Editor : samid library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 24 Jan 2019 07:55
Last Modified: 24 Jan 2019 07:55
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/29101

Actions (login required)

View Item View Item