Korelasi Antara pelaksanaan metode terjemah RLQ (a revolutionary way in learning Qur’an) dengan kemampuan peserta dalam memahami arti al-Qur’an di kelompok kajian Qur’an rumah Dannis Pakis Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Ghafur, Abdul (2009) Korelasi Antara pelaksanaan metode terjemah RLQ (a revolutionary way in learning Qur’an) dengan kemampuan peserta dalam memahami arti al-Qur’an di kelompok kajian Qur’an rumah Dannis Pakis Surabaya. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Abdul Ghofur_D01304077.pdf

Download (7MB)

Abstract

Al-Qur'an telah memberikan dimensi baru terhadap ilmu pengetahuan, sebelum manusia menemukan dan menentukan teori-teori mengenai kehidupan dan pengetahuan. Lebih dari itu al-Qur'an merupakan pedoman bagi umat Islam. Karena keagungannya belum pernah ada dalam sejarah manusia untuk dapat menandinginya. Sementara sebagian besar umat Islam di Indonesia kemampuan pemahamannya terhadap al-Qur'an baru pada tahap membaca dalam bentuk tekstual Araby. Berangkat dari itu perlu ditanamkan repersepsi yang lebih intens, bahwa kemampuan membaca merupakan tahapan paling awal untuk mendekati dan mengakrabi al-Qur'an, selanjutnya adalah memahami arti dan isi al-Qur' an tersebut. Dari sinilah adanya metode terjemah RLQ (a Revolutionery way in Learning Qur'an) ialah metode revolusioner yang mudah dan cepat menuju khatam dan paham al­ Qur'an. Dengan metode ini kalangan yang belum paham bahasa Arab pun akan terasa mudah memahami al-Qur' an, sehingga menjadikan pribadi memiliki wawasan luas tentang Islam. Dari sinilah penulis tertarik untuk meneliti tentang korelasi antara pelaksanaan metode terjemah RLQ dengan kemampuan peserta dalam memahami arti al-Qur' an. Teknik yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, interview, angket, tes, dan dokumentasi sebagai cara untuk mengumpulkan data yang diperlukan dalam penelitian ini. Setelah data terkumpul penulis menggunakan rumus prosentase untuk menjawab permasalahan tentang metode terjemah RLQ dan kemampuan peserta dalam memahami arti al-Qur'an. Sedangkan untuk mengetahui ada tidaknya korelasi antara metode terjemah RLQ dengan kemampuan peserta dalam memahami arti al-Qur' an, penulis menggunakan rumus product moment yang nantinya hasil korelasi dari perhitungan rumus akan dikonsultasikan pada harga kritik product moment pada taraf signifikasi 1 % dan5 %. Hasil penelitian berkenaan dengan gambaran umum obyek penelitian, penyajian dan analisa data sebagai hasil dari proses pengumpulan data sebelumnya, serta pengujian hipotesis yang pada akhirnya menyimpulkan bahwa ada korelasi antara pelaksanaan metode terjemah RLQ dengan kemampun peserta dalam memahami arti al-Qur'an.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Ghafur, AbdulUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan > Pembelajaran
Pendidikan > Metode
Al Qur'an
Uncontrolled Keywords: Metode terjemah RLQ; memahami arti al-Qur’an, pembelajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Editor : samid library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 24 Jan 2019 07:16
Last Modified: 24 Jan 2019 07:18
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/29100

Actions (login required)

View Item View Item