Korelasi shalat Dluha terhadap kedisiplinan belajar siswa Madrasah Aliyah Matholi’ul Anwar Simo Sugelebak Karanggeneng Lamongan

Istiaroh, Istiaroh (2009) Korelasi shalat Dluha terhadap kedisiplinan belajar siswa Madrasah Aliyah Matholi’ul Anwar Simo Sugelebak Karanggeneng Lamongan. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Istiaroh_D01301230.pdf

Download (3MB)

Abstract

Masalah disiplin belajar merupakan masalah yang oleh kebanyakan siswa dianggap suatu hal atau sikap yang remeh dan usang, sehingga banyak siswa yang tidak membiasakan diri bersikap disip1in dalam belajar, lebih-lebih ketika sudah lepas dari jam sekolah (di rumah). Para siswa biasanya beranggapan bahwa waktu belajar bisa sewaktu-waktu saja dan parahnya mereka menggunakan waktu belajar menjelang ujian saja. Padahal, kedisiplinan merupakan suatu yang signifikan bagi siswa dalam rangka mencapai tujuan pembelajaran yang maksimal. Di dalam Islam, nilai-nilai tentang pentingnya hidup disiplin ini tercermin pada ritus-ritus ibadah yang diperintahkan oleh Allah. Dalam perintah shalat misalnya, Allah menetapkan dan mengatur shalat dalam rentetan waktu dan cara yang tidak boleh dirubah. Setiap hari umat Islam diwajibkan melaksanakan shalat sebanyak lima kali dengan ketentuan waktu yang sudah ditentukan. Begitu pula dengan tata cara pelaksanaannya, sejak dari mempersiapkan syarat-syarat hingga pelaksanaan rukun­ rukun shalat, Allah sudah mengatumya secara tertib dan rapi, sehingga tak ada satupun yang boleh dilewatkan, dikurangi ataupun ditambah-tambahi. Jika dipanjang-pahamkan, maka akan diperoleh pengertian, bagi orang-orang beriman pastilah dirinya akan selalu menjaga dan mengingat waktu datangnya shalat Kebiasaan mengingat dan menjaga waktu shalat ini akan berkorelasi terhadap prilaku keseharian muslim dalam beraktifitas. Dalam hal ini, orang yang menjaga dan melaksanakan shalat sesuai waktunya dalam aktifitas kesehariannya akan bersikap disiplin Lalu, apakah orang yang terbiasa melaksanakan shalat dluha akan berpengaruh terhadap kedisiplinan dalam belajarnya? Oleh karena itu, Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui tentang bagaimana kewajiban shalat dluha dan kedisiplinan belajar siswa di Madrasah Aliyah Matholiul Anwar Simo Sungelebak Karanggeneng Lamongan, serta adakah korelasi shalat dluha terhadap kedisilinan belajar siswa di lembaga tersebut. Adapun penelitian ini analisisnya menggunakan data angket yang diolah dengan menggunakan rumus Mean (nilai rata-rata). Sementara untuk mengetahui ada tidaknya korelasi shalat dluha terhadap kedisilinan belajar siswa di Madrasah Aliyah Matholiul Anwar Simo Sungelebak Karanggeneng Lamongan digunakan rumus product moment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa korelasi shalat dluha terhadap kedisiplinan belajar siswa di Madrasah Aliyah Matholiul Anwar Simo Sungelebak Karanggeneng Lamongan adalah cukup atau sedang. Ini terbukti dari hasil perolehan rxy = 0,559 yang mana hasil ini lebih besar dari taraf signifikansi 5 % dan taraf signifikansi 1 %. Dan dapat juga dilihat pada tabel interpretasi product moment yang menunjukkan bahwa rxy sebesar 0,559 terletak pada tingkatan sedang atau cukup.

Email: digilib@uinsby.ac.id
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisor: Ahmad, Masyhudi
Uncontrolled Keywords: Shalat Dluha; kedisiplinan belajar; siswa Madrasah Aliyah
Subjects: Disiplin Sekolah
Salat > Salat Dhuha
Pendidikan > Pendidikan Lanjutan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Editor : samid library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 24 Jan 2019 04:40
Last Modified: 24 Jan 2019 04:40
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/29096

Actions (login required)

View Item View Item