Pengembangan pembelajaran matematika model word square dalam melatih konsistensi dan ketelitian siswa SMP

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Larasati, Suci (2019) Pengembangan pembelajaran matematika model word square dalam melatih konsistensi dan ketelitian siswa SMP. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Suci Larasati_D04212050.pdf

Download (1MB)

Abstract

Mengingat pentingnya berperilaku konsisten dan teliti dalam melakukan berbagai aktivitas guna menunjang proses pembelajaran yang lebih baik, maka perlu disusun model pembelajaran yang dapat melatihkan konsistensi dan ketelitian siswa dalam mengerjakan soal matematika. Salah satu model pembelajaran agar memotivasi siswa untuk lebih aktif, kreatif, dan inovatif sehingga dapat meningkatkan hasil belajar siswa yaitu dengan menerapkan model pembelajaran word square. Adapun tujuan dari penelitian ini yaitu untuk melatih konsistensi dan ketelitian siswa dalam menghitung bilangan bulat yang sering ada di kehidupan sehari-hari. Penelitian ini termasuk jenis penelitian pengembangan yang mengacu pada model pengembangan Kemp yang terdiri dari empat tahap yaitu tahap pendefinisian, tahap perancangan, tahap pengembangan, dan tahap penyebaran. Pengembangan pada penelitian ini meliputi RPP dan LKS. Uji coba dilakukan pada 31 siswa kelas VII-A SMP Negeri 2 Jetis Mojokerto. Data yang diperoleh selama penelitian ini yaitu data tentang kemampuan guru melaksanakan sintaks pembelajaran, hasil belajar siswa terkait konsistensi, hasil belajar siswa terkait ketelitian, dan respon siswa. Data penelitian dianalisis dan diperoleh data sebagai berikut: kevalidan RPP berkategori valid dengan rerata sebesar 3,97. Kevalidan LKS berkategori valid dengan rerata sebesar 3,68. Masing-masing perangkat tersebut dinilai praktis oleh para validator dengan memperoleh rerata nilai B yang artinya perangkat dapat digunakan dengan sedikit revisi. Keterlaksanaan sintaks pembelajaran dinyatakan efektif dengan jumlah langkah yang terlaksana yaitu 16langkah dan persentase keterlaksanaan sebesar 94,12%. Hasil belajar siswa terkait konsistensi dinyatakan efektif yaitu 23 siswa mendapatkan kriteria konsistensi baik dengan persentase sebesar 74,19%. Hasil belajar siswa terkait ketelitian dinyatakan efektif yaitu 30 siswa mendapatkan kriteria ketelitian sangat baik dengan persentase sebesar 96,77%. Respon siswa terhadap pembelajaran dikatakan positif dengan persentase sebesar 75,88%.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Larasati, Sucisucil0205@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Matematika
Pendidikan > Matematika Realistik
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran word square
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Larasati Suci
Date Deposited: 24 Jan 2019 04:40
Last Modified: 24 Jan 2019 04:40
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/29093

Actions (login required)

View Item View Item