Analisis pembaruan pendidikan madrasah perspektif A. Malik Fajar

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Malik, Nurudin (2009) Analisis pembaruan pendidikan madrasah perspektif A. Malik Fajar. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Nuruddin Malik_D01205182.pdf

Download (3MB)
Official URL: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/29081

Abstract

Skripsi ini merupakan penelitian kepustakaan (library research) yang mengkaji seorang tokoh ternama yaitu A. Malik Fadjar. Ia merupakan pemikir pendidikan yang bercorak modern, visioner dan futuristic. Ia adalah sosok ilmuwan yang bersahaja, mudah bergaul dengan lapisan masyarakat Jabatan yang ada ditangannya lebih dilihat sebagai sarana untulc melakukan perubahan yang membawa kemajuan umat islam pada umumnya dan kemajuan dalam bidang pendidikan pada khususnya. Berbagai pengalaman telah direguk mulai tingkat lokal, nasional maupun Internasional, sehingga banyak ide-ide kreatifnya menghiasi Nusantara ini. Diantara pemikirannya tentang konsep pembaruan pendidikan madrasah. Ia melontarkan, madrasah merupakan bagian dari tradisi pendidikan yang hidup di Indonesia. Ternyata madrasah menyimpan kelemahan di dalam kreativitasnya selama ini, mulai dari orientasi madrasah yang begitu sempit pada proses pencagaran untuk mempertahankan pabam-paham keagamaan tertentu, ditambah lagi kurikulum madrasah yang pelaksanaannya serba setengah-setengah dan kebijakan di bidang kurikulum kurang dibarengi dengan kebijakan di bidang perangkat-perangkat pendukungnya, sehingga terdapat kesenjangan antara idealitas kurikulum dengan kemampuan perangkat operasionalnya. Selanjutnya metode pengajaran di madrasah cenderung lebih banyak digarap dari sisi didaktik metodinya sehingga tenggelam dalam persoalan teknis-mekanis, sementara persoalan yang lebih mendasar yang berhubungan dengan aspek "pedagogisnya" kurang banyak disentuh. Dan konsep manajemen madrasah dijalankan secara tradisional kurang mengarah kearah professional, penerapan prinsip-prinsip manajemen modern tampaknya masih merupakan barang mewah. Selanjutnya, Malik Fadjar melontarkan keharusan mengadakan pembaruan pada orientasi pendidikan madrasah. Madrasah harus mengkonstruksi kurikulum, dalam hal ini kurikulum madrasah bisa dibangun dengan memasukkan mata pelajaran agama ke dalam mata pelajaran umum sehingga kesan dikotomis tidak terjadi. Madrasah harus menerapkan metode pengajaran yang memacu aspek "pedagogisnya" karena guru-guru agama selama ini hanya membicarakan persoalan proses belajar mengajarnya". Madrasah harus menerapkan manajemen yang professional yang mengarah pada pertimbuhan madrasah yang lebih efektif dengan mengadakan perencanaan secara terpadu dan menyeluruh. Sehingga madrasah akan semakin sempurna dari tahun ke tahun dan akan mampu bersaing dengan lembaga­ lembaga pendidikan yang lain serta mampu merespon tantangan-tantangan zaman modern.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Malik, NurudinUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Biografi
Pembaruan
Pendidikan > Pendidikan Lanjutan
Keywords: Pembaruan; pendidikan madrasah; perspektif A. Malik Fajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Editor : samid library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 22 Jan 2019 08:48
Last Modified: 22 Jan 2019 08:48
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/29081

Actions (login required)

View Item View Item