Satirisme realitas sosial dalam iklan televisi rokok A Mild "go ahead" versi untuk diri: analisis wacana kritis model Norman Fairclough

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Zahroh, Fatimatuz (2011) Satirisme realitas sosial dalam iklan televisi rokok A Mild "go ahead" versi untuk diri: analisis wacana kritis model Norman Fairclough. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Fatimatuz Zahroh_B06207087.pdf

Download (3MB)

Abstract

A Mild mempunyai pengalaman dalam membuat strategi iklan yang komunikatif dalam setiap iklan televisinya. Iklan-iklan televisi A Mild sangat menarik karena pada setiap iklannya, A Mild menghadirkan suatu konten yang strategis, bermakna, mengeksekusi pasar dengan tepat. Produk rokok yang di mata masyarakat dan pemerintah merugikan kesehatan dapat ditampilkan sebagai sebuah konten iklan yang peduli terhadap permasalahan sosial yang sedang dihadapi masyarakat. Inilah suatu keunikan A Mild dalam mengemas iklan yang membuat konsumen berubah pikiran dan bergerak menuju A Mild. lklan-iklan A Mild bersifat cerdas, menggigit, sekaligus engaging karena tema yang diangkat adalah sehari-hari. A Mild dikenal sebagai brand yang rutin memberikan kritik dan sindiran terhadap masalah sosial dalam setiap iklannya dengan pendekatan humor dan tidak terkesan menggurui. Tetapi kemudian A Mild meluncurkan iklan versi Untuk Diri yang terkesan hedonis dan jauh dari kesederhanaan kritikan dan sindiran yang selama ini digunakan A Mild dalam iklan-iklannya. Untuk mengungkap sindiran yang selama ini dilancarkan oleh A Mild, atau yang dalam penelitian ini disebut sebagai satirisme realitas sosial, peneliti menggunakan metode analisis wacana kritis model Norman Fairclough. Analisis hanya sampai pada level teks saja sehingga analisis yang dilakukan dengan melihat unsur representasi, relasi, dan identitas. Dari hasil penelitian yang ditemukan bahwa [1] Satirisme realitas sosial yang ditampilkan dalam iklan A Mild "Go Ahead'' versi Untuk Diri pada teks linguistik menggunakan kombinasi atau gabungan dari anak kalimat. Bagaimana sesuatu itu ditampilkan dalam sebuah teks, menunjukkan representasi yang dilakukan oleh teks tersebut. Satirisme realitas sosial yang ditampilkan dalam iklan A Mild "Go Ahead" versi Untuk Diri cenderung menggunakan majas ironi. Majas ironi adalah sindiran atau satirisme dengan menyembunyikan fakta yang sebenamya dan mengatakan kebalikan dari fakta tersebut. gaya bahasa sindiran berupa pemyataan yang berlainan dengan yang dimaksudkan. [2] Satirisme realitas sosial pada tataran tata teks ikonis berupa kode-kode televisi menunjukkan simbolitas yang ada pada gaya bahasa satir berhubungan dengan "sesuatu" yang menjadi target atau objek dari sindiran yang disampaikan oleh A Mild dalam iklannya versi Untuk Diri. Selain objek, pada teks ikonis juga terdapat sindiran terhadap stereotype yang melekat di masyarakat. Bertitik tolak dari penelitian ini, beberapa saran yang diperkirakan dapat dijadikan bahan pertimbangan adalah secara tampilan A Mild lebih cocok kembali pada kodratnya sebagai kritik sosial yang berani dan mudah dipahami karena beberapa fenomena yang peneliti temukan ternyata saat ini banyak yang mulai lupa terhadap iklan A Mild karena iklan A Mild tidak lagi menarik dengan gaya menyentil yang selama ini menjadi citra iklan A Mild.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Zahroh, FatimatuzUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Iklan
Keywords: Iklan; Satirisme; Realitas Sosial
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Editor : Arifah Wikansari------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 22 Jan 2019 08:41
Last Modified: 22 Jan 2019 08:42
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/29080

Actions (login required)

View Item View Item