Konsep pendidikan anak sebagai upaya pengembangan sumber daya manusia: kajian kritis pemikiran Muhammad Tholhah Hasan

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Zahra, Lailah (2009) Konsep pendidikan anak sebagai upaya pengembangan sumber daya manusia: kajian kritis pemikiran Muhammad Tholhah Hasan. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Lailah Zahra_D01205217.pdf

Download (1MB)

Abstract

Muhammad Tholhah Hasan menekankan pendidikan agama sebagai pendidikan utama dalam proses pendidikan anak, dan orang tua sangat berperan dalam menangani masalah ini karena memberikan pendidikan anak yang baik adalah kewajiban orang tua. Ada tiga hal yang dapat di ajukan sebagai pokok permasalahannya. Pertama, adalah Apakah konsep pendidikan anak itu?, yang kedua bagaimana pengembangan SDM?, dan yang ketiga adalah bagaimana konsep pendidikan anak sebagai upaya pengembangan SDM menurut Tholhah? Adapun penelitian ini bersifat penelitian pustaka (library reseach) yang terfokus pada studi pemikiran tokoh. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif analitis. Metode ini sangat penting digunakan untuk tidak sekedar mendeskripsikan tema sentral, tetapi juga menganalisa lebih jauh dan mencoba membandingkan dengan gagasan para tokoh pendidikan lainnya. Dari penelitian yang dilakukan, peneliti menemukan beberapa pokok pemikiran Tholhah. Pertama, pendidikan anak merupakan pendidikan yang mengajarkan pada anak mengenai ketauhidan, moral, budaya, teladan, pembiasaan, nasihat dan hukuman. Kedua, upaya pengembangan SDM adalah dengan pendidikan, pelatihan yang terarah dan terencana. Ketiga, dengan memberikan pendidikan anak yang baik dan terarah maka akan tumbuh SDM yang berk ualitas. Disarankan agar para pendidik baik orang tua maupun guru mampu mengetahui karakteristik anak didiknya agar dapat memberikan pendidikan yang baik untuk anak didik, agar tercipta SDM yang bermutu dan berkualitas, di mana konsep tersebut adalah konsep pendidikan anak sebagai upaya pengembangan SDM.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Zahra, Lailah--UNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Anak
Pemikiran
Sumber Daya Manusia
Uncontrolled Keywords: Konsep pendidikan anak; sumber daya manusia; Muhammad Tholhah Hasan
Depositing User: Editor : Abdun Nashir------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 22 Jan 2019 07:24
Last Modified: 22 Jan 2019 07:24
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/29077

Actions (login required)

View Item View Item