Gerakan Kemasyarakatan: studi tentang perjuangan hak masyarakat korban Lumpur Lapindo di Kecamatan Porong, Kabupaten Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Majid, Abd. (2010) Gerakan Kemasyarakatan: studi tentang perjuangan hak masyarakat korban Lumpur Lapindo di Kecamatan Porong, Kabupaten Sidoarjo. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Abd. Majid_B05303025.pdf

Download (2MB)

Abstract

Ada dua persoalan yang dikaji dalam skripsi ini, yaitu: (1) Bagaimana bentuk gerakan kemasyarakatan yang terjadi pada masyarakat korban Lumpur Lapindo di Kecamatan Porong Kabupaten Sidoarjo, (2) Bagaimana proses gerakan kemasyarakatan yang terjadi pada masyarakat korban Lumpur Lapindo di Kecamatan Porong Kabupaten Sidoarjo. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bentuk dan proses gerakan yang ada pada masyarakat korban lumpur Lapindo di Kecamatan Porong Kabupaten Sidoarjo berdasarkan teori Mobilisasi Sumber Daya dan Ketegangan struktural. Untuk mengungkap persoalan tersebut secara menyeluruh dan mendalam, dalam penelitian ini digunakan metode deskriptif kualitatif yang berguna untuk memberikan fakta dan data mengenai gerakan kemasyarakatan yang terjadi pada korban lumpur Lapindo di Kecamatan Porong Kabupaten Sidoarjo, kemudian data tersebut dianalisis secara kritis dengan mengunakan teori mobilisasi somber daya dan ketegangan struktural, sehinnga diperoleh hasil dan kesimpulan tentang gerakan kemasyarakatan di Kecamatan Porong Kabupaten Sidoarjo. Dari hasil penelitian ini ditemukan bahwa (1) Bentuk gerakan kemasyarakatan yang terjadi pada masyarakat korban lumpur Lapindo di Kecamatan Porong Kabupaten Sidoarjo, terjadi menjadi dua bentuk yaitu: (a) Musyawarah (b) Demonstrasi. (2) Proses gerakan kemasyarakatan yang terjadi pada korban lumpur Lapindo di Kecamatan Porong Kabupaten Sidoarjo. Ada tiga tahapan proses gerakan kemasyarakatan yang terjadi pada masyarakat korban lumpur Lapindo dalam menyuarakan aspirasinya dan memperjuangkan haknya yaitu dengan cara (a) Sosialisasi (b) Mobilisasi dan (c) Aksi.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Majid, Abd.--UNSPECIFIED
Subjects: Sosiologi
Hak Asasi Manusia
Uncontrolled Keywords: Gerakan Kemasyarakatan; hak masyarakat; korban Lumpur Lapindo
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Sosiologi
Depositing User: Editor : Abdun Nashir------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 21 Jan 2019 07:38
Last Modified: 21 Jan 2019 07:38
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/29076

Actions (login required)

View Item View Item