Peningkatan hasil belajar siswa dengan menggunakan metode demonstrasi pada mata pelajaran IPA kelas V MI Muhammadiyah 05 Gempolpading Pucuk-Lamongan

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Rohmah, Anis Siamu (2011) Peningkatan hasil belajar siswa dengan menggunakan metode demonstrasi pada mata pelajaran IPA kelas V MI Muhammadiyah 05 Gempolpading Pucuk-Lamongan. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Anis Siamu Rohmah_D062007035.pdf

Download (1MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah: 1) Mendeskripsikan penerapan metode demonstrasi dalam meningkatkan hasil belajar siswa Madrasah Ibtidaiyah dalam membuat suatu karya/model misalnya periskop atau lensa dari bahan sederhana dengan menerapkan sifat-sifat cahaya mata pelajaran IPA kelas V semester IT di MIM 05 Gempolpading Kecamatan Pucuk Kabupaten Lamongan. 2) Meningkatkan hasil belajar siswa madrasah Ibtidaiyah dalam mendeskripsikan suatu karya/model misalnya periskop atau lensa dari bahan sederbana dengan menerapkan sifat-sifat cahaya dan pemanfaatannya mata pelajaran IPA kelas V semester II di MIM 05 Gempolpading Kecamatan Pucuk Kabupaten Lamongan melalui metode demonstrasi. Dilibat dari data penelitian, penelitian ini menggunakan mixed method. Dilibat dari segi penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan subjek penelitian 14 siswa MI Muhammadiyah 05 Gempolpading Pucuk Lamongan. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi, interview, dokumentasi dan tes formatif. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis data secara deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menujukkan bahwa: 1) Metode demonstrasi yang digumakan dalam meningkatkan hasil belajar siswa MI Muhammadiyah 05 Gempolpading Pucuk Lamongan dalam membuat karya/model perioskop atau lensa dari bahan sederhana dengan menerapkan sifat-sifat cahaya dan pemanfaatannya mata pelajaran IPA semester II telah diterapkan secara baik. 2) Terdapat peningkatan hasil belajar siswa MI Muhammadiyah 05 Gempolpading Pucuk Lamongan dalam membuat karya/model perioskop atau lensa dari bahan sederhana dengan menerapkan sifat-sifat cahaya dan pemanfaatannya dengan menggunakan metode demonstrasi. Hal ini dapat diketahui dari perbandingan rata-rata nilai kelas, yaitu perbandingan sebelum menggunakan metode demonstrasi nilai rata-rata kelas yaitu: 65,05 dan setelah menggunakan pembelajaran metode demonstrasi pada siklus I rata-rata nilai 69,05 dan siklus II rata-rata nilai 81,4. dengan tingkat kriteria ketuntasan minimum belajar (KKM) pada siklus I adalah 64,7%, sedangkan tingkat ketwitasan minimum belajar (KK.M) pada siklus II adalah 100%.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Rohmah, Anis SiamuUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan > Hasil Belajar
Pendidikan > Pendidikan Materi
Pendidikan > Metode
Uncontrolled Keywords: Hasil belajar siswa; metode demonstrasi; mapel IPA
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Editor : samid library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 21 Jan 2019 04:56
Last Modified: 21 Jan 2019 04:56
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/29073

Actions (login required)

View Item View Item