Penggunaan teknik jarimatika untuk meningkatkan kemampuan berhitung perkalian mata pelajaran Matematika siswa kelas II O MINU Pucang Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Endarsari, Efi (2011) Penggunaan teknik jarimatika untuk meningkatkan kemampuan berhitung perkalian mata pelajaran Matematika siswa kelas II O MINU Pucang Sidoarjo. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Efi Endarsari_D06207013.pdf

Download (2MB)

Abstract

Rendahnya kemampuan berhitung siswa pada jenjang yang lebih tinggi dikarenakan siswa tidak menguasai konsep operasi hitung dasar, salah satunya adalah perkalian. Selain itu penyebabnya adalah guru belum menggunakan teknik dan trik- trik berhitung yang sesuai dengan karakteristik siswa. Jarimatika merupakan cara berhitung dengan menggunakan alat berupa kesepuluh jari tangan. Dengan penggunaan jarimatika diharapkan dapat meningkatkan kemampuan berhitung siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam tiga siklus, yang masing-masing siklus terdiri atas tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimana kemampuan berhitung perkalian Mata Pelajaran Matematika Siswa Kelas II O MINU Pucang Sidoarjo setelah menggunakan teknik jarimatika, 2) Bagaimana kemampuan guru mengelola proses pembelajaran menggunakan Teknik Jarimatika untuk meningkatkan kemampuan berhitung perkalian Mata Pelajaran Matematika Siswa Kelas II O MINU Pucang Sidoarjo, 3) Bagaimana respon siswa terhadap penggunaan teknik jarimatika untuk meningkatkan kemampuan berhitung perkalian Mata Pelajaran Matematika siswa kelas II O MINU Pucang Sidoarjo. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar tes kemampuan berhitung, lembar observasi kemampuan guru mengelola pembelajaran, dan lembar angket. Lembar tes akhir digunakan untuk mengetahui ketuntasan belajar siswa secara individu dan klasikal, lembar observasi digunakan untuk memperoleh data kemampuan guru mengelola pembelajaran dengan jarimatika, dan lembar angket digunakan untuk memperoleh data respon siswa terhadap penggunaan teknik jarimatika. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ketuntasan belajar siswa setelah pembelajaran menggunakan teknik jarimatika tuntas secara klasikal dengan persentase 97,14%; kemampuan guru mengelola pembelajaran adalah sangat baik dengan persentase 94,17%; dan hasil respon siswa terhadap pembelajaran menggunakan teknik jarimatika adalah positif. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penggunaan teknik jarimatika dapat meningkatkan kemampuan berhitung siswa kelas II O MINU Pucang Sidoarjo.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Endarsari, EfiUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Matematika
Pendidikan > Pembelajaran
Pendidikan > Metode
Uncontrolled Keywords: Teknik jarimatika; kemampuan berhitung; mapel Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Editor : samid library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 21 Jan 2019 04:35
Last Modified: 21 Jan 2019 04:35
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/29071

Actions (login required)

View Item View Item