Peningkatan kemampuan memahami teks bacaan mata pelajaran Bahasa Indonesia melalui metode SAVI siswa kelas V MIN Jambangan Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Faizah, Nur (2011) Peningkatan kemampuan memahami teks bacaan mata pelajaran Bahasa Indonesia melalui metode SAVI siswa kelas V MIN Jambangan Surabaya. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Nur Fauziah_D06207004.pdf

Download (7MB)

Abstract

Membaca mempunyai arah bagaimana seseorang memahami informasi melalui kegiatan menggali informasi itu dari suatu buku bacaan. Pemahaman suatu bacaan pada dasarnya adalah kemampuan menghubungkan apa yang dibaca dengan apa yang tersimpan dalam ingatannya. Semakin banyak buku bacaan yang dibacanya, semakin mudah baginya untuk memahami buku bacaan yang baru. Semakin rumit isi suatu teks, akan semakin sulit pula teks itu dipahami. Dalam memahami informasi yang terdapat dalam teks bacaan diperlukan adanya suatu pendekatan pembelajaran. Salah satunya dengan menggunakan metode SAVI. Metode SAVI adalah pendekatan pembelajaran yang menekankan bahwa belajar haruslah memanfaatkan semua alat indra yang dimiliki siswa. lstilah SAVI sendiri adalah yang meliputi somatis, auditori, visual dan intelektual. Karena belajar yang paling baik bisa berlangsung jika semuanya itu bisa digunakan secara simultan. Dari analisis pada hasil siklus II telah terjadi peningkatan hasil belajar bila dibandingkan dengan siklus I. Peningkatan kemampuan memahami teks bacaan siswa terlihat dengan prosentase adanya tindakan yang telah dilakukan dari kegiatan prasiklus dengan prosentase 50% dengan rata-rata 64,2. Siklus I dengan prosentase 67,8% dengan rata-rata 75,53. Sampai dengan siklus 11 dengan prosentase 85,7% dengan rata-rata 76,78. Hal ini berarti kegiatan belajar mengajar telah memenuhi ketuntasan belajar klasikal yang telah ditentukan dalam KKM (Kriteria Ketuntasan Minimum) yakni 85 %. Dengan perolehan hasil di atas, maka dapat disimpulkan bahwa melalui metode SAVI, kemampuan memahami teks bacaan siswa MIN Jambangan Surabaya dapat ditingkatkan. Oleh karena itu, dengan adanya metode SAVI ini diharapkan dapat membantu guru dalam kegiatan belajar mengajar siswa, agar kegiatan belajar tidak membosankan melainkan menyenangkan dan siswa bisa lebih mengembangkan ilmu pengetahuannya. Karena tidak semua siswa bisa menyerap ilmu hanya dengan metode ceramah saja, mengingat tipe belajar siswa yang bermacam-macam.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Faizah, NurUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Bahasa Indonesia
Pendidikan > Pembelajaran
Pendidikan > Metode
Uncontrolled Keywords: Teks bacaan; mapel Bahasa Indonesia; metode SAVI
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Editor : samid library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 21 Jan 2019 04:23
Last Modified: 21 Jan 2019 04:23
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/29070

Actions (login required)

View Item View Item