Potensi daur ulang sampah organik dan partisipasi masyarakat dalam pengelolaan sampah skala rumah tangga di Kecamatan Sangkapura, Kabupaten Gresik

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Hidayah, Syarifatul (2019) Potensi daur ulang sampah organik dan partisipasi masyarakat dalam pengelolaan sampah skala rumah tangga di Kecamatan Sangkapura, Kabupaten Gresik. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Syarifatul Hidayah_ H05214006.pdf

Download (4MB)

Abstract

Timbulan sampah akan meningkat dengan pertambahan jumlah penduduk, sedangkan komposisi sampah mengalami perubahan setiap tahun akibat adanya perubahan pola hidup dan tingkat ekonomi masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui timbulan sampah, potensi daur ulang sampah organik, serta hubungan pengetahuan, perilaku, dan sikap terhadap partisipasi masyarakat di Kecamatan Sangkapura. Pendekatan yang digunakan pada penelitian ini adalah kuantitatif dengan cara survei ke lokasi sampling dan didukung oleh kuesioner. Metode pengukuran timbulan sampah mengacu pada SNI 19-3964-1994 berdasarkan klasifikasi kepadatan penduduk tinggi yakni desa Sawahmulya, Kotakusuma, dan kepadatan penduduk rendah yakni desa Sungai Teluk. Uji statistik digunakan untuk mencari keterkaitan antara 4 variabel yang diamati yaitu melalui uji chi-square. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata timbulan sampah rumah tangga di Kecamatan Sangkapura sebesar 0,24 kg/org/hari dengan total sampah keseluruhan selama 8 hari sebanyak 264,2 kg/hari. Komposisi sampah organic biodegradable sangat dominan dihasilkan di Kecamatan Sangkapura sebanyak 79,48% dengan rata-rata densitas awal sebesar 115,50 kg/m3 dan rata-rata densitas akhir sebesar 164,87 kg/m3. Potensi daur ulang sampah organik rumah tangga di Kecamatan Sangkapura dibagi menjadi IV skenario, dengan potensi ekonomi tertinggi didapat dari skenario II yakni daur ulang dengan cara biogas, recycable, dan RDF (Reduse Derived Fuel) sebesar Rp. 11.056.251,54,-. Uji hubungan untuk mengetahui partisipasi masyarakat dalam pengelolaan sampah di Kecamatan Sangkapura didapatkan ada hubungan antara pengetahuan dengan partisipasi masyarakat dengan nilai signifikasi 0,02, ada hubungan antara sikap dengan partisipasi masyarakat dengan nilai signifikasi 0,032 dan ada hubungan antara perilaku dengan partisipasi masyarakat dengan nilai signifikasi 0,019.

Kata Kunci: Timbulan Sampah, Potensi Daur Ulang, Pengetahuan, Sikap, Perilaku

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Hidayah, Syarifatulsyarifatulhidayah13@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Masyarakat
Teknik Lingkungan
Uncontrolled Keywords: Timbunan sampah; potensi daur ulang; pengetahuan; sikap; perilaku
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Studi Tehnik Lingkungan
Depositing User: Hidayah Syarifatul
Date Deposited: 21 Jan 2019 04:06
Last Modified: 21 Jan 2019 04:06
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/29069

Actions (login required)

View Item View Item