Kesinambungan dan perubahan Tradisi Salaf dalam sistem pendidikan Pondok Pesantren Lirboyo Kediri

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Kadi, Kadi (2018) Kesinambungan dan perubahan Tradisi Salaf dalam sistem pendidikan Pondok Pesantren Lirboyo Kediri. PhD thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Kadi_F01511007.pdf

Download (7MB)

Abstract

Disertasi ini berkaitan dengan problem kesinambungan dan perubahan tradisi salaf dalam sistem pendidikan Pondok Pesantren Lirboyo Kediri. Pertanyaan yang diajukan dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana kesinambungan dan perubahan tradisi salaf di Pondok Pesantren Lirboyo, terkait dengan unsur-unsur tradisi salaf yang berubah dan berkesinambungan? (2) Apa faktor-faktor yang mempengaruhi kesinambungan dan perubahan tradisi salaf di Pondok Pesantren Lirboyo? Dengan menggunakan teori sistem serta pendekatan historis, sosiologis-antropologis dan fenomenologis, penelitian ini menghasilkan temuan. Pertama, Tradisi salaf di pondok pesantren tersebut mengalami apa yang penulis sebut sebagai “kontinuitas substansial” dan “perubahan parsial”. Hal ini dapat dilihat pada unsur-unsur tadisi salaf yang mengalami dinamika; a, Bangunan keilmuan secara substansial mengalami kontinuitas yaitu melestarikan dan tetap setia pada pengajaran ilmu agama yang bersumber pada kitab-kitab klasik. Secara parsial mengalami perubahan yang terjadi pada aspek metode pembelajaran, pengembangan kurikulum, dan diterimanya tenaga pengajar dari luar pondok pesantren. b. Struktur sosial yang ada di Pondok Pesantren Lirboyo secara substansial berkesinambungan dengan menempatkan kyai sebagai patron yang memiliki kedudukan sosial sangat tinggi dan dihormati oleh para santri. Perubahan-perubahan parsial terjadi pada aspek pola kepengasuhan, pembagian tugas kepengasuhan, demokratisasi sistem melalui pemberian hak otonom bagi pondok unit dan pondok cabang, dan penyebaran santri lingkungan pendidikannya. c. Relasi Pondok Pesantren Lirboyo dengan tarekat tetap pada kondisi tidak mengikatkan diri pada salah satu tarekat mainstream dan setia pada tarekat yang dibentuk oleh Kyai Manab sebagai pendiri yaitu ṭarīqah al-ta’līm wa al-ta’allum. Kedua, Faktor-faktor yang mendorong terjadinya kesinambungan dan perubahan (continuity and change) pada tradisi salaf di dalam sistem pendidikan Pondok Pesantren Lirboyo: a. Faktor internal; sikap dan pemikiran Kyai sebagai pelayan umat (khādim al-ummah) dan kondisi obyektif santri yang heterogen b. Faktor eksternal; perkembangan sistem pendidikan umum serta perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK).

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (PhD)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Kadi, Kadikadiabuzakaria@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Dirasah Islamiyah
Pesantren
Tasawuf
Uncontrolled Keywords: Kesinambungan; Perubahan; Tradisi Salaf; Kontinuitas Substansial; Perubahan Parsial
Divisions: Program Doktor > Dirasah Islamiyah
Depositing User: Kadi Kadi
Date Deposited: 21 Jan 2019 04:35
Last Modified: 21 Jan 2019 04:35
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/29065

Actions (login required)

View Item View Item