Pembuktian wujud Tuhan dalam perspektif akal dan Islam

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Rohman, Arif (1997) Pembuktian wujud Tuhan dalam perspektif akal dan Islam. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Arif Rohman_059210099.pdf

Download (4MB)

Abstract

Kepercayaan tentang adanya Tuhan yang amat mendalam dan yang sangat penting adalah tidak terdapat pada kalangan orang-orang biasa. Namun sebagian manusia menolak kepercayaan tentang adanya Tuhan, sebab bukti-bukti tidak memahami dan menghayati tanda kebesaran yang tergelar di alam raya ini, sehingga akal bisa samapi memutuskan tentang adanya Tuhan. Pada dasarnya akal memiliki kebebasan dan kemerdekaan. Dengan akalnya manusia dapat melepaskan keterkaitannya dengan keadaan lingkungannya dan naluri kemanusiannya. Metode refleksi filosofis yang digunakan peneliti dalam mencari atau menyeidiki kembali pandangan para filosof tentang pembuktian adanya Tuhan dengan tidak terikat oleh historis kronologis para filosof. Sedangkan analisa datanya menggunakan analisa deskripsi. Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa; 1. Akal manusia berfungsi sebagai alat untuk mengerti, memahami dan berpikir mulai dari alam fisika hingga alam metafisika. Dan mempunyai kedudukan yang tinggi dalam menentukan segala aktifitas manusia untuk mewujudkan perbuatannya. Akal dengan kekuatannya dari masalah-masalah yang rendah hingga bisa meninggi sampai kea lam malakut (alam ketuhanan). 2. Pembuktian adanya Tuhan, bisa dibuktikan melalui akal manusia yang berdasarkan pengalaman ilmiah, pengalaman moral maupun pengalaman keindahan. Akal dapat digunakan untuk membuktikan adanya Tuhan dengan memahami dan menghayati segala sesuatu yang ada di alam, termasuk manusia dan permasalahannya. 3. Islam dengan pedoman pokok al-Qur’an, memiliki konsepsi ketuhanan yang dapat memberikan kepercayaan dan keyakinan pada ummatnya, bahwa Tuhan itu Esa dan Maha Suci dari sifat-sifat kealaman. Pembuktian wujud Tuhan dapat digunakan beberapa metode dan argumentasi yang telah dimiliki oleh aliran-aliran yang tumbuh dalam Islam. Seperti dalam aliran teologi, filsafat, tasawuf dan aliran-aliran yang ada dalam ilmu positif.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Rohman, ArifUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Filsafat
Islam
Pemikiran
Uncontrolled Keywords: Pembuktian Tuhan; perspektif akal; perspektif Islam
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Aqidah Filsafat
Depositing User: Editor : samid library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 16 Jan 2019 07:48
Last Modified: 16 Jan 2019 07:48
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/29056

Actions (login required)

View Item View Item