Peranan Guru Agama dalam kedisiplinan belajar siswa mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Lanjutan Pertama Darul Ulum Gedongan Kecamatan Waru Kabupaten Sidoarjo

Ma’arif, Syamsul (2000) Peranan Guru Agama dalam kedisiplinan belajar siswa mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Lanjutan Pertama Darul Ulum Gedongan Kecamatan Waru Kabupaten Sidoarjo. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Syamsul Ma'arif_D01396019.pdf

Download (1MB)
Official URL: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/29050

Abstract

Bimbingan harus diberikan kepada anak didik secara terus menerus dengan cara-cara belajar yang efektif dan efisien, dalam hal ini guru sebagai subyek dalam proses belajar mengajar. Dengan kata lain guru merupakan pembimbing bagi anak dalam segala hal, baik laku termasuk kedisiplinan anak dalam belajar yang tekun adalah perlu mendapatkan motivasi atau dorongan termasuk harus diwujudkan dengan semangat guru dalam mendidik dan mengarahkan anak ke arah kedisiplinan dalam belajar. Dengan demikian jelaslah bahwa seorang guru agama adalah sangat berperan sekali terhadap pembentukan kedisiplinan belajar anak, oleh karena itu guru agama harus berusaha semaksimal mungkin dengan memberikan semangat dan motivasi atau dorongan pada anak didik. Masalah yang diangkat dalam pembahasan ini adalah Bagaimana peraan guru agama di SLTP Darul Ulwn Gedongan kecamatan Waru kabupaten Sidoarjo. Bagaimana kedisiplinan belajar siswa dalam mata pelajaran pendidikan agama islam di SLTP Darul Ulum Gedongan kecamatan Waru kabupaten sidoarjo. Adakah peranan guru agama dalam kedisiplinan belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan agama islam di SLTPDarul Ulum Gedongan kecamatan Waru kabupaten Sidoarjo. Sejauh mana peranan guru agama dalam kedisiplinan belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan agama islam di SLIP Darul Ulwn Gedongan kecamatan Waru kabupaten Sidoarjo. Untuk mendapatkan data yang diperlukan maka penulis menggunakan metode observasi, interview, angket, dokumentasi, kemudian dianalisa dengan model kwalitatif kwantitatif yang pada akhir pembahasan memperoleh kesimpulan diantaranya bahwa pada dasarnya guru agama adalah seseorang/individu yang mengkhususkan dirinya untuk mnyampaikan ajaran agama atau untuk melakukan aktifitas keagatnaan untuk disampaikan kepada orang lafo, baik secara individu maupun kelompok. Namun yang penulis maksud pada skripsi disini adalah orang yang mengajar mata pelajaran agama Islam di sekolah.

Email: digilib@uinsby.ac.id
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisor: Syarif, A. Hamid
Uncontrolled Keywords: Guru Agama; disiplin belajar; Pendidikan Agama Islam
Subjects: Pendidikan > Peran Guru
Pendidikan > Strategi Belajar Mengajar
Pendidikan > Pembelajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Editor : Abdun Nashir------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 16 Jan 2019 04:24
Last Modified: 16 Jan 2019 04:24
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/29050

Actions (login required)

View Item View Item