Hadis amar makruf nahi mungkar dalam perspektif ormas-ormas Islam di Jawa Timur

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Yaqin, Achmad Ainul (2019) Hadis amar makruf nahi mungkar dalam perspektif ormas-ormas Islam di Jawa Timur. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Achmad Ainul Yaqin_F02815164.PDF

Download (5MB)

Abstract

Sebagai agama yang sempurna dan universal, Islam tidak hanya sebatas mengatur hubungan antara manusia dengan Tuhan, melainkan Islam juga merumuskan kaidah-kaidah kehidupan yang harmonis antar sesame manusia. Di antara kaidah tersebut adalah amar makruf nahi mungkar. Melalui hadis, Islam menawarkan sebuah solusi yang sangat tepat untuk mencegah kemungkaran dalam kehidupan manusia. Tidak hanya perintah Tuhan, amar makruf nahi mungkar bertujuan menjaga nilai-nilai kemanusiaan dan menghapus kezaliman dan penindasan. Hal itu bisa dilakukan secara personal maupun kolektif melalui organisasi atau lembaga, khususnya organisasi masyarakat (ormas) Islam. Hadis tentang amar makruf nahi mungkar dipahami oleh beberapa ormas Islam dengan beragam tafsir. Perbedaan interpretasi tersebut menjadikan penerapan amar makruf nahi mungkar antar ormas berbeda dan variatif. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui pandangan ormas-ormas Islam di Jawa Timur terkait hadis amar makruf nahi mungkar. Hasil penelitian yang diperoleh bahwa perbedaan interpretasi terhadap hadis amar makruf nahi mungkar mempengaruhi model penerapan amar makruf nahi mungkar setiap ormas. Implikasi dari perbedaan itu menunjukkan, penerapan amar makruf nahi mungkar Nahdlatul Ulama berpola dialogis dan pendekatan kultural. Adapun Front Pembela Islam lebih cenderung reaktif. Sedangkan Muhammadiyah memilih tindakan preventif dan aksi nyata melalui lembaga dan instasinya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Yaqin, Achmad AinulUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Hadis
Uncontrolled Keywords: Hadis Amar makruf nahi munkar
Divisions: Program Magister > Ilmu Hadis
Depositing User: Yaqin Achmad Ainul
Date Deposited: 21 Jan 2019 03:45
Last Modified: 21 Jan 2019 03:45
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/29047

Actions (login required)

View Item View Item