Peran pesan nonverbal dalam komunikasi interpersonal: studi pada anggota UKM teater SUA Institut Agama Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Gomah, Ninis Restu (2011) Peran pesan nonverbal dalam komunikasi interpersonal: studi pada anggota UKM teater SUA Institut Agama Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Ninis Restu Gomah_B06207075.pdf

Download (1MB)

Abstract

Dalam penelitian ini, peneliti mengangkat dua fokus penelitian, yaitu apa saja pesan nonverbal yang digunakan oleh anggota UKM Teater SUA dalam komunikasi interpersonal serta bagaimana peran pesan nonverbal dalam komunikasi interpersonal. Untuk menjawab fokus penelitian di atas, peneliti menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Kemudian data yang sudah diperoleh dianalisis menggunakan teknik analisis Miles & Heuberman. Adapun hasil penelitian dari pengumpulan data di lapangan ditemukan bahwa: I) pesan nonverbal yang digunakan oleh anggota UKM Teater SUA yaitu Bahasa tubuh yang meliputi isyarat tangan, ekspresi wajah, dan tatapan mata. Sentuhan, pesan non verbal ini berhubungan dengan sosial-sopan seperti berjabat tangan, persahabatan-kehangatan, pukulan, tepukan dipundak untuk memberikan semangat dan menguatkan. Paralinguistik atau parabahasa, seperti intonasi saat berbicara serta penekanan pada kata atau kalimat yang di ucapkan. Orientasi ruang dan jarak pribadi. Artefak, untuk anggota yang mempunyai pribadi tertutup, mereka menggunakan pesan nonverbal melalui gambar, puisi, dan tulisan-tulisan dalam mengungkapkan perasaan. 2) Peran pesan nonverbal dalam komunikasi interpersonal Anggota UKM Teater SUA yaitu: Membantu para anggota untuk menyampaikan pesan dengan cara yang lebih baik dan tidak menyakitkan hati. Dapat mengetahui pribadi anggota lain. Memperkuat komunikasi verbal seorang pemimpin dalam menyampaikan sebuah informasi pada anggota. Membantu memperjelas komunikasi verbal saat proses komunikasi interpersonal.Dari penelitian ini,ada beberapa saran yang bisa dijadikan bahan pertimbangan bagi peningkatan kualitas komunikasi sesama anggota, yaitu sebagai berikut: I)hendaknya anggota lebih bisa memahami dan menyada ri pesan nonverbal yang mereka gunakan, sehingga lebih bisa memahami dan berperilaku sesuai dengan kondisi lawan bicara mereka, 2) para anggota harus lebih meningkatkan lagi intensitas dalam komunikasi interpersonal sehingga pesan nonverbal yang digunakan oleh anggota dapat dipahami.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Gomah, Ninis RestuUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Ilmu Komunikasi
Uncontrolled Keywords: Pesan Nonverbal; Komunikasi Interpersonal
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Editor : Arifah Wikansari------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 15 Jan 2019 04:06
Last Modified: 16 Jan 2019 04:08
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/29043

Actions (login required)

View Item View Item