مشكلات تعليم المحادثة ومحاولات حلها بألمدرسة العالية الاسلامية منبع العلوم موجوفوراكد~بونجا جرسيك

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Rofi’ah, Saidatur (2000) مشكلات تعليم المحادثة ومحاولات حلها بألمدرسة العالية الاسلامية منبع العلوم موجوفوراكد~بونجا جرسيك. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Saidatur Rofi'ah_D02396250.pdf

Download (2MB)

Abstract

Pada bab I skripsi ini berisi tentang pendahuluan yang terdiri dari latar belakang penulisan skripsi ini, sebagaimana kita tahu bahwa sebagian besar penduduk Indonesia beragama Islam yang bersumber pada Al-Qur' an dan Hadits yang keduanya ditulis dengan berbahasa Arab, untuk dapat memahami keduanya maka kaum Muslimin Indonesia membutuhkan pengajaran bahasa Arab. Pada dasarnya setiap pengajaran bahasa Arab bertujuan agar para murid memiliki 4 keterampilan berbahasa, yaitu: keterampilan menyimak, keterampilan berbicara, keterampilan membaca dan keterampilan menulis. Sehubungan dengan keterampilan kedua (berbicara), penulis menganggap bahwa berbicara dengan bahasa Arab (muhadatsah) merupakan sesuatu yang amat penting dalam mempelajari bahasa Arab, karena sebagian besar tujuan seseorang 1nempelajari bahasa Arab adalah agar bisa berkomunikasi dengan bahasa tersebut. Tapi banyak sekali dari mereka yang tidak mencapai target yang telah ditentukan, karena dalam mempelajarinya mereka mengalami berbagai macam kesulitan, hal ini disadari mengingat bahasa Arab bukan bahasa mereka sehari hari dan sangat berbeda dengan bahasa Indonesia, baik dari segi tata bahasa atau lainnya, karena itu dibutuhkan usaha-usaha pemecahannya, terutama di sekolah-sekolah sebagai pusat untuk mempelajarinya. Di samping latar belakang pendahuluan ini juga berisi tentang batasan masalah, penegasan judul, tujuan pembahasan, metodologi pembahasan dan sistematika pembahasan. Bab II berisi tentang landasan teoritis yang terdiri dari tiga bagian, bagian yang perlama berisi tentang pengajaran muhadatsah yang membahas di dalamnya pengertian pengajaran muhadatsah, pentingnya pengajaran muhadatsah, tujuan pengajaran muhadatsah, metode pengajaran muhadatsah, peran guru dalam pengajaran muhadatsah, dan faktor-faktor yang mendukung pengajaran muhadatsah. Pada bagian kedua membahas tentang problematika yang terdiri dari problematika yang berkaitan dengan tata bahasa (linguistik) serta problernatika yang berkaitan dengan non linguistik baik yang berhubungan dengan guru, siswa, kurikulum maupun lingkungan. Sedangkan pada bagian ketiga membahas tentang usaha-usaha pemecahannya yang meliputi: usaha pemecahan untuk problematika yang berhubungan dengan linguistik maupun non linguistik. Bab III berisi tentang studi lapangan, yang terdiri dari dua bagian. Bagian pertama tentang pandangan umum terhadap Madrasah Aliyah 'Mambaul Ulum" termasuk di dalamnya membahas tentang sejarah berdirinya sampai pada pengaJaran bahasa Arab. Sedangkan bagian kedua tentang penyajian dan analisa data yang meliputi aktifitas pengajaran muhadatsah, problematika yang dihadapi sekolah serla usaha sekolah dalam mengatasinya. Bab IV adalah penutup yang berisi tentang kesimpulan dan saran.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Rofi’ah, SaidaturUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Bahasa Arab
Pengajaran
Uncontrolled Keywords: Problematika muhadatsah; Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Editor : samid library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 15 Jan 2019 03:09
Last Modified: 15 Jan 2019 03:09
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/29040

Actions (login required)

View Item View Item