Komunikasi sosial pengguna media online www.kaskus.us Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Azizah, Fidratin (2011) Komunikasi sosial pengguna media online www.kaskus.us Surabaya. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Fidratin Azizah_B06207062.pdf

Download (2MB)

Abstract

Persoalan yang dikaji dalam skripsi ini, yaitu: Bagaimana komunikasi sosial dalam komunitas kaskus Surabaya. Dari rumusan masalah tersebut akan lebih difokuskan lagi pada bagaimana pola komunikasi sosial yang terjadi dalam komunitas kaskus regional Surabaya. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pola komunikasi sosial pengguna media online dalam komunitas kaskus regional Surabaya. Untuk mengungkap persoalan tersebut secara menyeluruh dan mendalam, dalam penelitian ini digunakanlah metode deskriptif dan menggunakan pendekatan kualitatif. Sesuai dengan permasalahan tersebut, maka teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara secara mendalam. Selain itu, untuk menegaskan keabsahan data dilakukan melalui ketentuan pengamatan dan triangulasi data. Triangulasi data yang digunakan oleh peneliti adalah triangulasi sumber (informan), dengan me-rechek ulang kepada informan dan sejawat. Setelah data terkumpul, kemudian dianalisis secara induktif. Dari hasil penelitian ini ditemukan bahwa: komuniasi sosial yang terjadi dalam komunitas kaskus regionaf Surabaya,(1) pola komunikasi yang terjadi dalam komunitas kaskus, yaitu pola komunikasi transaksional, karena komunikasi yang berlangsung dalam konteks hubungan dua orang atau lebih Dalam pola ini ditekankan pada perilaku pelaku komunikasi yang terlibat komunikasi memiliki konten pesan yang dibawanya dan saling bertukar dalam transaksi atau pertukaran informasi dari masing-masing komunkator dan komunikan. (2) adanya pengelompokan antar profesi masing- masing, sehingga hubungan atau komunikasi diantara mereka kurang lancar atau rawan terjadi noise. Hubungan anggota SMP dan SMA relatif berkelompok dengan sendirinya, karena mereka tidak percaya diri dan kurang mengerti dengan pembahasan atau pembicaraan anggota mahasiswa dan anggota yang sudah bekerja. Dari hasil penelitian ini, beberapa saran yang sekiranya dapat dijadikan bahan pertimbangan adalah: Untuk memperlancar komunikasi sosial dalam komunitas kaskus regional Surabaya, sebaiknya antar anggota tidak perlu merasa tidak percaya diri dengan anggota lain yang lebih dulu bergabung. Karena semua anggota memiliki tujuan yang sama yaitu ingin mengembangkan hubungan pertemanan mereka agar komunitas kaskus menjadi komunitas yang utuh tanpa adanya perbedaan-perbedaan antar anggota. Penelitian ini diharapkan dapat digunakan sebagai metode pengembangan dakwah sesuai dengan aspek keilmuan yang digunakan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Azizah, FidratinUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Ilmu Komunikasi
Uncontrolled Keywords: Komunikasi sosial; Media online; Komunitas Kaskus; www.kaskus.us
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Editor : Arifah Wikansari------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 14 Jan 2019 07:32
Last Modified: 14 Jan 2019 07:32
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/29036

Actions (login required)

View Item View Item