Pengaruh pendidikan al-Qur’an TPQ Hidayatul Athfal terhadap prestasi belajar siswa bidang studi Bahasa Arab di MI Al-Ma’arif Sukomulyo Gresik

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Munifah, Halimatul (2000) Pengaruh pendidikan al-Qur’an TPQ Hidayatul Athfal terhadap prestasi belajar siswa bidang studi Bahasa Arab di MI Al-Ma’arif Sukomulyo Gresik. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Halimah Munifah_D02396050.pdf

Download (1MB)

Abstract

Belajar al-Qur’an dibagi menjadi tiga tingkatan, yakni; belajar membaca sampai lancer sesuai dengan kaidah qira’at dan tajwid, belajar arti dan maksudnya, dan ketiga belajar menghafalkan di luar kepala. Saat ini sudah berkembang pesat sebuah metode khusus belajar al-Qur’an yang lebih mudah, cepat, efisien dan efektif melalui lembaga TKA dan TPA dengan target pokok santri mampu membaca al-Qur’an dengan benar. Rumusan maslah dalam penelitian ini adalah; 1. Bagaimana pendidikan al-Qur’an yang ada di TPA Hidayatul Athfal, 2. Bagaimana prestasi belajar bidang studi Bahasa Arab siswa MI al-Ma’arif Sukomulyo Manyar Gresik. 3. Apakah ada pengaruh pendidikan al-Qur’an TPA Hidayatul Athfal terhadap prestasi belajar siswa di bidang studi Bahasa Arab di MI Al-Ma’arif Sukomulyo, kalau ada sejauh mana pengaruh tersebut. Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa; 1. Pendidikan al-Qur’an yang ada di TPA Hidayatul Athfal telah memenuhi syarat, baik dalam segi materi, metode, masa dan waktu pendidikan, pendidik, santri serta sarana dan prasarana yang dimilikinya tergolong lengkap. 2. Prestasi belajar Bahasa Arab siswa MI Al-Ma’arif Sukomulyo tergolong cukup baik, rata-rata siswa yang mengikuti TPA mendapatkan nilai 7,55 (untuk kelas IV) dan 7,62 (untuk kelas V). 3. Dalam studi ini telah terbukti bahwa pendidikan al-Qur’an TPA Hidayatul Athfal berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa MI Al-Ma’arif Sukomulyo dalam bidang studi Bahasa Arab. Hal ini bisa dibuktikan melalui dua cara, yaitu; a. melalui perbandingan antara rata-rata nilai siswa yang mengikuti TPA mendapatkan nilai 7,5 sedangkan siswa yang tidak mengikuti TPA mendapatkan nilai 6,6. b. melalui rumus korelasi product moment yang mempunyai hasil 0,652 sehingga hipotesis bahwa pendidikan al-Qur’an TPA Hidayatul Athfal berpengaruh terhadap prestasi belajar Bahasa Arab siswa MI Al-Ma’arif Sukomulyo diterima karena hasil 0,652 berarti Antara variabel x (nilai pendidikan al-Qur’an) dan variabel y (nilai Bahasa Arab) terdapat korelasi yang sedang atau cukupan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Munifah, HalimatulUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Bahasa Arab
Pendidikan
Pendidikan > Prestasi Belajar
Al Qur'an
Uncontrolled Keywords: Pendidikan al-Qur’an; prestasi belajar; bidang studi Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Editor : samid library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 14 Jan 2019 07:08
Last Modified: 14 Jan 2019 07:08
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/29035

Actions (login required)

View Item View Item