Strategi Public Relations Lembaga Madrasah Bertaraf Internasional (MBQ) Amanatul Ummah Surabaya dalam proses Penerimaan Siswa Baru

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Muslihan, Muh. (2011) Strategi Public Relations Lembaga Madrasah Bertaraf Internasional (MBQ) Amanatul Ummah Surabaya dalam proses Penerimaan Siswa Baru. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Muh. Muslihah_B06206044.pdf

Download (2MB)

Abstract

Abad informasi dan globalisasi menjadikan masyarakat semakin kompetetif termasuk dalam dunia pendidikan. Demi suksesnya Penerimaan Siswa Baru (PSB), lembaga pendidikan semakin aktif menawarkan program-program mereka, mulai dari yang sederhana sampai yang profesional. Kondisi yang terjadi di beberapa kota bahkan, bukan siswa yang mencari madrasah, akan tetapi madrasah yang mencari siswa, karena daya tampung madrasah jauh di atasjumlah siswa yang ada. Kompetisi ini memaksa seorang public relations (humas) melakukan inovasi. Oleh karena itu, humas bukan sekadar relations, meskipun personal relations mempunyai peranan yang sangat besar dalam kampanye public relations, misalnya public relations juga bukan sekadar menjual senyum, propaganda dengan tujuan memperoleh kemenangan sendiri, atau mendekati pers dengan tujuan untuk memperoleh suatu pemberitaan. Lebih dari itu, public relations mengandalkan strategi, yakni agar organisasi disukai oleh pihak-pihak yang berhubungan. Madrasah Bertaraf Internasional merupakan salah satu lembaga pendidikan yang menerapkan strategi public relations melalui teori bauran pemasaran jasa. Dengan strategi ini perolehan siswa baru setiap tahunnya senantiasa mengalami peningkatan. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan penelitian kualitatif deskriptif tentang bagaimana strategi public relations Madarasah Bertaraf Internasional Amanatul Ummah Surabaya dalam penerimaan siswa baru. Dari hasil peneltian ini diketahui bahwa strategi yang digunakan adalah dengan menghasilkan lulusan yang berkualitas melaui perpaduan kurikulum baik itu kurikulum umum maupun agama. Dan juga melakuka promosi dengan melakukan mengadakan kegiatan-kegiatan yang menyebabkan masyarakat setempat tertarik untuk datang ke madrasah tersebut. Pameran, kegiatan olah raga dan kesenian yang melibatkan masyarakat setempat, kunjungan orang tua dan calon siswa ke sekolah (open day), keikutsertaan dalam pawai dan karnaval, brosur, tanggalan, cinderamata, majalah siswa madrasah, newsletter, atau surat kabar umum (lewat pemuatan berita kegiatan madrasah, dan komunikasi dari mulut ke mulut.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Muslihan, Muh.--UNSPECIFIED
Subjects: Pemasaran
Pendidikan > Pendidikan - Sekolah Internasional
Uncontrolled Keywords: Strategi Public Relations; Penerimaan Siswa Baru
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Editor : Abdun Nashir------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 14 Jan 2019 03:53
Last Modified: 14 Jan 2019 03:53
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/29030

Actions (login required)

View Item View Item