Pengaruh teknik penguatan positif (reward) terhadap kedisiplinan belajar anak di TK Bani Toifur Kabupaten Nganjuk

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Ardlillah, Qumillaila (2018) Pengaruh teknik penguatan positif (reward) terhadap kedisiplinan belajar anak di TK Bani Toifur Kabupaten Nganjuk. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Qumillaila Ardlillah_D78214033.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini didasari oleh permasalahan yang ada di TK Bani Toifur khususnya di Kelompok A yang tergolong masih rendah yaitu sebesar 40% diantaranya banyak anak yang masih datang terlambat. Berdasarkan hal itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui salah satu pengaruh penguatan positif, yakni mengetahui pengaruh penguatan positif terhadap kedisiplinan anak di TK Bani Toifur. Data-data penelitian ini dihimpun dari TK Islam Bani Toifur sebagai obyek penelitian. Dalam mengumpulkan data menggunakan lembar observasi, wawancara, dan dokumentasi. Berkenaan dengan itu, penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan jenis korelasi product moment. Hasil penelitian dapat dipaparkan sebagai berikut, (1) Kedisiplinan belajar anak di TK Bani Toifur Kabupaten Nganjuk mengalami peningkatan selama 3 hari yakni sebesar 2,4; 3,2; 3,8. (2) Pelaksanaan teknik penguatan positif di TK Bani Toifur Kabupaten Nganjuk mengalami peningkatan selama 3 hari yakni sebesar 2,3; 3,3; 3,8. (3) Ada pengaruh penguatan positif terhadap kedisiplinan anak di TK Bani Toifur, hal ini dibuktikan berdasarkan hasil yang diperoleh dari lapangan dan perhitungan dengan menggunakan rumus Berdasarkan Hasil analisis penghitungan data lapangan, bahwa Besar Hubungan 0,70dan masuk dalam Interval koefisien 0,70-0,90 dengan tingkat hubungan yang kuat. Adapun nilai probabilitas atau signifikansi yang ditetapkan adalah sebesar 5%. Apabila nilai r hitung > r tabel, maka H_a diterima dan terdapat korelasi antara variabel X dan variabel Y. Apabila r hitung < r tabel, maka H_0 diterima dan tidak terdapat korelasi antara variabel X dan variabel Y. Berdasarkan data tersebut, diperoleh nilai r hitung sebesar 0,70; sedangkan nilai pada tabel nilai r product moment sebesar 0,46. Berdasarkan hasil tersebut, kita dapat mengetahui bahwa nilai r hitung > r tabel, sehingga H_a diterima dan terdapat korelasi antara variabel X dan variabel Y. Oleh karena itu, kita dapat menyatakan bahwa terdapat korelasi yang positif dan signifikan antara penguatan positif dengan disiplin anak.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Ardlillah, Qumillailaml38450@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Psikologi Belajar
Keywords: Penguatan positif; disiplin
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Raudhotul Athfal
Depositing User: Qumillaila Qumillaila
Date Deposited: 22 Jan 2019 04:27
Last Modified: 22 Jan 2019 04:27
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/29025

Actions (login required)

View Item View Item