Neomodernisme Islam: studi tentang pembaharuan pemikiran Fazlur Rahman

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Romli, M. (1998) Neomodernisme Islam: studi tentang pembaharuan pemikiran Fazlur Rahman. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
M. Romli_59210029.pdf

Download (9MB)
Official URL: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/29024

Abstract

Semenjak umat Islam berhadapan dengan peradaban Barat yang liberal, secular dan rasional, maka lahirlah para pembaharu pemikiran Islam sebagai respon terhadap kondisi umat Islam yang sudah mulai tercemar oleh penetrasi peradaban Barat, sekaligus mencari alternative untuk keluar dari krisis identitas manusia modern. Pembaharu seperti Fazlur Rahman, yang mencoba untuk merumuskan kembal identitas keilmuwan Islam. Beliau adalah juru bicara Neomodernisme yang menganggap bahwa kendatipun modernisme klasik telah benar dengan semangatnya, namun memiliki kelemahan mendasar yang menyebabkan timbulnya reaksi dalam bentuk Neorevivalisme. Rumusan asalah dalam penelitian ini adalah; 1. Bagaimana potret, sosok seorang Fazlur Rahman diantara pemikir-pemikir Islam modern. 2. Konsep Neomodernisme Islam yang bagaimanakah yang dikehendaki Fazlur Rahman. 3. Bagaimana upaya pembaharuan yang dikembangkan Fazlur Rahman sebagai juru bicara gerakan Neomodernisme. Pembahasan skripsi ini menggunakan jenis penelitian historis-factual mengenai tokoh. Sedangkan metode pengolahan datanya menggunakan metode induksi dan metode deduksi. Adapun kesimpulan dari penelitian ini adalah; 1. Fazlur Rahman adalah seorang pemikir muslim, yang menjalani dua peradaban yang saling bertentangan antara tradisi Islam yang kuat dengan peradaban Barat yang modern sekuler, 2. Konsep Neomodernisme Islam yang dikembangkan Fazlur Rahman merupakan konsep pembaharuan yang mengintegrasikan dua kutub yang berbeda, yaitu antara tradisionalisme dan modernisme. Artinya dengan konsep tradisionalisme kita tetapmempertahankan warisan kesejarahan Islam tetap dengan semangat kritis diselaraskan dengan modernisme yang rasional melalui pijakan Islam. 3. Upaya pembaharuan yang dikembangkan Fazlur Rahman bertumpu pada adanya pembaharuan di bidang pendidikan, sebab pendidikan merupakan awal dari penumbuhan wawasan intelektual seorang muslim.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Romli, M.UNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Filsafat
Pembaruan
Pemikiran
Keywords: Neomodernisme; pembaharuan Islam; pemikiran Fazlur Rahman
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Aqidah Filsafat Islam
Depositing User: Editor : samid library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 11 Jan 2019 03:31
Last Modified: 11 Jan 2019 03:31
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/29024

Actions (login required)

View Item View Item