Adzan sebagai tanda komunikasi umat Islam: studi kua1itatif pada masyarakat Gunung Anyar Tengah RW.02 Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Susanti, Ery Dian (2009) Adzan sebagai tanda komunikasi umat Islam: studi kua1itatif pada masyarakat Gunung Anyar Tengah RW.02 Surabaya. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Ery Dian Susanti_B06304021.pdf

Download (2MB)

Abstract

Masalah yang diteliti dalam skripsi ini adalah bagaimana adzan sebagai tanda dalam masyarakat Gunung Anyar Tengah. Dalam menjawab permasalahan penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan teknik analisa induktif, karena penelitian ini mengungkapkan data-data lapangan secara menyeluruh yang berkaitan dengan masalah tersebut. Dalam penelitian ini dapat disimpulkan bahwasanya adzan tidak hanya dikumandangkan untuk mengumumkan masuknya waktu shalat, tapi juga untuk kepentingan lain yaitu: saat kelahiran bayi, penguburan jenazah, dan keberangkatan jama'ah haji, dengan harapan diberi keselamatan ole Allah SWT. Untuk menghindari kesalah pahaman dan pelaksanaan adzan, maka perlu adanya pemahaman yang lebih mendalam untuk dapat menempatkannya pada porsi yang benar. Adzan sebagai salah satu symbol verbal yang memiliki satu arti namun digunakan untuk berbagai macam hal. Maka dalam penggunaan symbol ini perlu adanya kesamaan pemahaman sehingga komunikasi dapat berjalan efektif.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Susanti, Ery DianUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Komunikasi
Masyarakat Islam
Salat > Salat, Waktu
Uncontrolled Keywords: Adzan; komunikasi; umat Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Editor : samid library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 10 Jan 2019 08:13
Last Modified: 10 Jan 2019 08:13
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/29019

Actions (login required)

View Item View Item