Akselerasi Surabaya sebagai Kota Literasi melalaui Kuliah Kerja Nyata (KKN) Literasi Berbasis Pendekatan Asset Based Community Driven-Development (ABCD)

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Rusydiyah, Evi Fatimatur and Rakhmawati, Rakhmawati and Farisia, Hernik and Kurniawan, Agus Prasetyo and Indarwati, Desy and Ahmad, Muhammad syahru (2018) Akselerasi Surabaya sebagai Kota Literasi melalaui Kuliah Kerja Nyata (KKN) Literasi Berbasis Pendekatan Asset Based Community Driven-Development (ABCD). In: Annual Conference on Community Engagement, 26-28 Oktober 2018, Surabaya.

[img] Text
Evi Fatimatur Rusydiyah dkk_Akselerasi Surabaya Sebagai Kota Literasi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Universitas Islam Negeri Sunan Ampel sebagai universitas yang mempunyai fungsi dan tanggung jawab untuk berkiprah di masyarakat dan memanfaatkan aset yang dimiliki salah satunya Sumber Daya Manusia untuk melaksanakan program kampus dengan menjalin kemitraan dengan berbagai pihak baik itu pemerintah maupun komunitas masyarakat secara luas. Pencanangan program Surabaya sebagai kota literasi direspon positif UIN sunan Ampel melalui program KKN literasi berbasis ABCD dengan melibatkan peran serta mahasiswa, dosen, pemerintah dan masyarakat yang menfokuskan pada percepatan gerakan literasi (akseliterasi). Penelitian ini memaparkan bagaimana bentuk partnership, implememtasi KKN literasi serta model pendampingan yang telah dilakukan. Desain penelitian menggunakan deskrptif kualitatif dengan instrument observasi dan surveymonkey pelaksanaan KKN Literasi tahun 2017/2018. Hasil penelitian menunjukkan bentuk parternship dilakukan dengan menjalin kemitraan dengan Dinas perpustakaan dan kearsipan kota Surabaya, Kementrian Agama, Madrasah, Taman Baca Masyarakat di Surabaya dengan memaksimalakan aset dan potensi bersama-sama untuk percepatan Surabaya sebagai kota literasi. Implementasi KKN literasi yang sudah dilaksanakan selama 6 bulan selama 34 pertemuan dengan pendampingan revitalisasi perpustakaan dan mendukung program literasi yang ada Madrasah dan Taman Baca Masyarakat. Sedangkan model Pendampingan yang dilakukan melalaui beberapa tahap yaitu tahap inkulturasi, discovery, desain, define dan refleksi. Implementasi KKN literasi melalui pendekatan ABCD yang dilakukan oleh UIN Sunan Ampel sebagai perwujudan peran universitas dalam bidang pengabdian masyarakat untuk percepatan Surabaya bertranformasi menjadi kota literasi.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Rusydiyah, Evi Fatimaturevi_fatimatur@yahoo.comUNSPECIFIED
Rakhmawati, Rakhmawatirakhmawati@uinsby.ac.idUNSPECIFIED
Farisia, Hernikfarisia_83@yahoo.comUNSPECIFIED
Kurniawan, Agus Prasetyosugaghost@gmail.comUNSPECIFIED
Indarwati, Desyindarwati.desy@gmail.comUNSPECIFIED
Ahmad, Muhammad syahrusyahrua31@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Kuliah Kerja Nyata
Pengabdian Masyarakat
Uncontrolled Keywords: Akselerasi; KKN literasi; partnership; model pendampingan; pendekatan ABCD
Divisions: Karya Ilmiah > Conference
Depositing User: Farisia Hernik
Date Deposited: 10 Jan 2019 03:11
Last Modified: 10 Jan 2019 03:11
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/29016

Actions (login required)

View Item View Item