Peran public relations untuk mengembalikan kepercayaan masyarakat dalam kasus maraknya ledakan LPG: studi kualitatif di PT. Peramina pemasaran BBM retail region V Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Ramadhan, Rahmatika (2011) Peran public relations untuk mengembalikan kepercayaan masyarakat dalam kasus maraknya ledakan LPG: studi kualitatif di PT. Peramina pemasaran BBM retail region V Surabaya. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Rahmatika Ramadhan_B06207084.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini, peneliti mengkaji permasalahan yaitu bagaimana peran Public Relations Pertamina untuk mengembalikan kepercayaan masyarakat dalam kasus maraknya ledakan LPG. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memahami dan mendeskripsikan peran Public Relations Pertamina untuk mengembalikan kepercayaan masyarakat dalam kasus maraknya ledakan LPG. Untuk mengungkap permasalahan tersebut agar didapat hasil yang baik dan maksimal, peneliti menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Kemudian data yang sudah diperoleh dianalisis menggunakan analisis data model interaktif. Hasil penelitian dan fakta di lapangan ditemukan bahwa dalam menjalankan perannya untuk mengembalikan kepercayaan masyarakat, Public Relations Pertamina mempunyai langkah-langkah dan strategi tersendiri. (1) Langkah-langkah yang dilakukan Public Relations Pertamina setelah mendengar ledakan LPG ini adalah segera melakukan penyelidikan atau investigasi dan melakukan introspeksi kedalam, kemudian menjelaskan permasalahan yang sebenarnya kepada masyarakat dan memberikan asuransi atau ganti rugi kepada korban ledakan LPG. (2) Untuk mengembalikan kepercayaan masyarakat akan keamanan LPG ini, Public Relations Pertamina punya strategi tersendiri yaitu menjalin kerja sama dengan pihak media massa dengan cara melakukan klarifikasi maupun sosialisasi melalui media cetak maupun elektronik, juga mengundang wartawan ke SPPBE, terus memberikan edukasi kepada masyarakat cara aman penggunaan LPG dan bersosialisasi melalui program Corporate Sosial Responsibility yang diadakan seperti penyuluhan kanker serviks sampai pada pembangunan masjid yang didalamnya disisipi sosialisasi LPG. Dari penelitian ini, terdapat saran yang dapat dijadikan pertimbangan bagi peneliti lain jika akan melakukan penelitian sejenis adalah agar peneliti lebih membahas bagaimana kerjasama yang dilakukan antar praktisi Public Relations maupun antara praktisi Public Relations dengan General Manager dalam suatu perusahaan untuk tetap menjaga kepercayaan atau citra perusahaan dimata masyarakat sehingga dapat menciptakan komunikasi dua arah yang saling memuaskan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Ramadhan, RahmatikaUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Hubungan Masyarakat
Media Massa
Informasi
Keywords: Public relations; kepercayaan masyarakat; ledakan LPG
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Editor : samid library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 09 Jan 2019 08:16
Last Modified: 09 Jan 2019 08:16
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/29014

Actions (login required)

View Item View Item