K.H. Mahfudz Ma’sum: studi tentang kepemimpinannya dalam meningkatkan mutu pondok pesantren Ihyaul ‘Ulum di Dukun Gresik Jawa Timur

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Kholiq, Khusnul (1995) K.H. Mahfudz Ma’sum: studi tentang kepemimpinannya dalam meningkatkan mutu pondok pesantren Ihyaul ‘Ulum di Dukun Gresik Jawa Timur. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Khusnul Kholiq_089000015.pdf

Download (16MB)

Abstract

Sebagai pemimpin baik formal maupun non formal, seharusnya memiliki kemampuan manager, administror serta sanggup memimpin bawahannya atau anggota kelompoknya agar tercipta kerjasama yang terkoordinasi, sehingga sasaran yang dikehendaki dapat tercapai. Kyai sebagai pemimpin pondok pesantren yang legitimasinya diperoleh langsung dari masyarakat sekitar, disamping juga merupakan elemen yang paling essensial memiliki tugas dan tanggung jawab yang besar terhadap perkembangan pondok pesantren yang dipimpinnya. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah; 1. Siapakah KH. Mahfudz Ma’sum, 2. Bagaimana tipe kepemimpinannya, apa usaha-usaha yang dilakukan untuk meningkatkan mutu pondok pesantren Ihya’ul Ulum di Dukun Gresik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah; metode induksi, metode deduksi, dan metode komparasi. Sehingga dalam penelitian ini dapat disimpulkan bahwa; 1. Tipe kepemimpinan Kyai yang ada di pondok pesantren Ihyaul Ulum adalah tipe domokratis yang didukung oleh kepemimpinan kharismatik yang tinggi, dimana hal tersebut Nampak dari budaya musyawarah yang telah berkembang dalam menyelesaikan permasalahan. 2. Kyai dalam pondok pesantren berfungsi sebagai pelatih, pembimbing, pendidik, pembantu kelompok serta mobilisator (daya penggerak) bagi para anggota yang ada di pondok pesantren. Kyai merupakan individu yang sangat berpengaruh terhadap lembaga pondok pesantren, sebagai pemimpin utama yang harus bertanggung jawab baik terhadap Allah SWT, maupun terhadap lembaga dan warga masyarakatnya. Hal tersebut Nampak dalam peran K.H. Mahfud Ma’sum dalam pondok pesantren Ihyaul ‘Ulum sebagai pemimpin dan pendidik. 3. Usaha-usaha yang telah dilakukan oleh Kyai Mahfud Ma’sum dalam rangka meningkatkan mutu pondok pesantren Ihyaul ‘Ulum sebagai lembaga pendidikan Islam antara lain; a. membuka beberapa bentuk dan tingkat pendidikan, yakni mulai dari tingkat pendidikan kanak-kanak atau TK sampai tingkat menengah atas (Madrasah Aliyah), b. pembinaan kurikulum, yakni memakai program kurikulum campuran Antara program pemerintah dengan kurikulum pondok pesantren.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Kholiq, KhusnulUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Pesantren
Ulama
Kepemimpinan
Uncontrolled Keywords: K.H. Mahfudz Ma’sum; kepemimpinan; pondok pesantren
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Sejarah dan Kebudayaan Islam
Depositing User: Editor : samid library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 09 Jan 2019 08:00
Last Modified: 09 Jan 2019 08:00
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/29012

Actions (login required)

View Item View Item