Preferensi pendengar radio terhadap program siaran news dengan program siaran musik di Radio Maja FM: studi pada pendengar Radio Maja FM Mojokerto

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Ilma, Zuliana Sihatul (2011) Preferensi pendengar radio terhadap program siaran news dengan program siaran musik di Radio Maja FM: studi pada pendengar Radio Maja FM Mojokerto. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Zuliana Sihatul Ilma_B06207072.pdf

Download (2MB)

Abstract

Persoalan yang hendak dikaji dalam skripsi ini, yaitu : Apakah Ada Perbedaan Tingkat Preferensi Pendengar Radio Terhadap Program Siaran News dengan Program Siaran Musik di Radio Maja FM. Untuk mengungkap persoalan tersebut secara menyeluruh dan mendalam, dalam penelitian ini digunakan metode survey yang berguna untuk memberikan fakta dan data mengenai pilihan pendengar radio MAJA FM, kemudian data tersebut dianalisis dengan menggunakan rumus statistik uji-t dua sampel saling bebas (independent samples t-test) sehingga dapat diketahui kecenderungan pendengar dalam memilih kedua program tersebut yakni program berita atau program musik. Data dari hasil penelitian ini dengan menggu nakan ana lisis statistik SPSS For Window Versi I 4.00 ditemukan bahwa ada perbedaan pendengar radio terhadap program siaran berita dengan program siaran musik. Tanggapan responden terhadap pertanyaan-pertanyaan dalam kuesioner secara positif menunjukkan kecenderungannya pada program musik. Dalam penelitian ini taraf kesalahan taksiran yang dipergunakan 5%. Dari perhitungan dengan cara membandingkan nilai signifikansi yakni 0.048 < 0.05, maka dapat dikatakan bahwa Ha diterima. Bertitik tolak dari pcnelitian ini, beberapa sarat yang diperkirakan dapat dijadikan bahan pertimbangan bagi peningkatan kualitas siaran untuk radio tersebut yakni: tetap mempertahankan idealisme sebagai media penyi aran publik. Selain itu, karena media massa syarat dengan komersialisasi, diharapkan mampu bersikap netral artinya tidak berpihak pada salah satu golongan dan setiap program yang disiarkan mampu memenuhi selera khalayak dan mampu memberikan manfaat pada masyarakat. Mampu memberikan tambahan pengetahuan bagi generasi penerus bangsa dengan mempertajam sajian informasi dan hiburan yang edukatif.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Ilma, Zuliana SihatulUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Radio - Penyiaran
Uncontrolled Keywords: Preferensi Pendengar Radio; Program Siaran News; Program Siaran Musik
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Editor : Arifah Wikansari------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 09 Jan 2019 08:07
Last Modified: 09 Jan 2019 08:07
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/29009

Actions (login required)

View Item View Item