Efektifitas yahoo messenger terhadap peningkatan komunikasi masyarakat di Kelurahan Wonokromo Kecamatan Wonokromo Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Hamzah, Amir (2011) Efektifitas yahoo messenger terhadap peningkatan komunikasi masyarakat di Kelurahan Wonokromo Kecamatan Wonokromo Surabaya. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Amir Hamzah_B06206037.pdf

Download (1MB)

Abstract

Ada dua persoalan yang hendak dikaji dalam skripsi ini, yaitu (1) Apakah ada efektifltas Yahoo Messenger terhadap peningkatan komunikasi masyarakat (2) Jika ada sejauh mana tingkat keefektifitasan Yahoo Messenger dalam peningkatan komunikasi masyarakat di Kelurahan Wonokromo. Untuk mengungkap persoalan tersebut secara menyeluruh dan mendalam, dalam penelitian ini digunakan metode dan jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif yang berguna untuk memberikan fakta dan data mengenai media Yahoo Messenger terhadap peningkatan komunikasi masyarakat. Kemudian data tersebut dianalisis dengan metode analisa statistik, yaitu analisa "product moment " yang merupakan cara untuk mengetahui hubungan antara variabel yang satu dengan variabel yang lain. Peneliti menggunakan kuesioner sebagai instrumen pengumpulan datanya. Tujuannya untuk memperoleh informasi tentang sejumlah responden yang dianggap mewakili populasi tersebut. Data tersebut diperoleh dari penyebaran angket oleh peneliti kepada semua responden. Sampel penelitian adalah 59 warga dari Kelurahan Wonokromo Kecamatan Wonokromo Surabaya. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa efektifitas media Yahoo Messenger terhadap tingkat komunikasi masyarakat adalah 0.513 pada taraf 0,400-0,599. Yaitu cukup efektif di dalam peningkatan komunikasi masyarakat di Kelurahan Wonokromo Kecamatan Wonokromo Surabaya dengan tingkat hubungan sedang. Bertitik tolak dari penelitian ini beberapa saran yang diperkirakan dapat dijadikan bahan pertimbangan bagi peningkatan komunikasi yang baik antar masyarakat Kemudian kepada peneliti selanjutnya agar penelitian ini akan menjadi masukan dalam peningkatan pengetahuan tentang efektifitas media Yahoo Messenger terhadap peningkatan komunikasi masyarakat, sehingga peneliti mampu mengaplikasikan masalah yang muncul di area penelitian tersebut. Penelitian ini dapat digunakan sebagai referensi, bahan pertimbangan dan masukan informasi pada penelitian yang lain agar kekurangan yang ada pada penelitian ini tidak terulang pada penelitian berikutnya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Hamzah, AmirUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Internet
Komunikasi
Masyarakat
Uncontrolled Keywords: Yahoo messenger; komunikasi masyarakat
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Editor : samid library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 08 Jan 2019 09:05
Last Modified: 08 Jan 2019 09:05
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/29003

Actions (login required)

View Item View Item