Bunga sebagai simbol komunikasi: studi pada mahasiswa Institut Agama Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Sejati, Sindi Megah (2011) Bunga sebagai simbol komunikasi: studi pada mahasiswa Institut Agama Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Sindi Megah Sejati_B06206016.pdf

Download (2MB)
Official URL: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/29002

Abstract

Fokus penelitian ini adalah simbol komunikasi apa yang digunakan mahasiswa Institut Agama Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya dalam menyampaikan bunga dan apa makna bunga sebagai simbol komunikasi bagi mahasiswa Institut Agama Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya? Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui simbol komunikasi dan makna bunga yang digunakan mahasiswa Institut Agama Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya dalam menggunakan bunga sebagai simbol komunikasi. Untuk menjawab pertanyaan diatas, peneliti menggunakan pendekatan fenomenologi karena fenomenologi merupakan studi mengenai bagaimana manusia kehidupannya di dunia. Subjek dalam penelitian ini adalah mahasiswa Institut Agama Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya. Sedangkan teori yang digunakan teori manajemen makna terkoordinasi yang di dalamnya membahas mengenai orang yang berkomunikasi itu terdapat aturan-aturan. Aturan-aturan inilah yang memainkan peranan penting dalam teori tersebut. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa bunga sebagai simbol komunikasi mahasiswa :lnstitut Agama Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya dapat dijadikan sebagai sarana komunikasi yang harmonis dan romantis antara pasangan dan orang lain yang disayanginya. Karena dalam komunikasi yang dibangun dapat menciptakan pemaknaan sama ketika bunga yang dipakai atau diberikan sebagai simbol ungkapan hati. Selain itu pemberian bunga di waktu yang tepat dapat menumbuhkan hidup manusia penuh dengan warna-warna. Saran yang dapat diambil dari penelitian ini, bahwa setiap manusia tidak hanya para remaja saja yang dapat menggunakan bunga sebagai simbol komunikasi tetapi para orang dewasa atau orang tua juga dapat menggunakannya agar bisa tercipta suasana yang romantis dan menumbuhkan rasa cinta dalam menjalin hubungan. Dalam studi ilmu komunikasi mengajarkan tentang bagaimana simbol dalam komunikasi dapat dijadikan sebagai penghubung agar koomnikasi itu efektif.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Sejati, Sindi MegahUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Komunikasi
Perguruan Tinggi
Keywords: Bunga; simbol komunikasi; perguruan tinggi
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Editor : samid library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 08 Jan 2019 08:11
Last Modified: 08 Jan 2019 08:11
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/29002

Actions (login required)

View Item View Item