Internet dan santri: studi fenomenologi penggunaan internet sebagai media pengembangan pengetahuan dan wawasan santri di Pondok Pesantren Islam At-Tauhid Sidoresmo Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Munawaroh, Siti (2009) Internet dan santri: studi fenomenologi penggunaan internet sebagai media pengembangan pengetahuan dan wawasan santri di Pondok Pesantren Islam At-Tauhid Sidoresmo Surabaya. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Siti Munawaroh_B06205023.pdf

Download (1MB)

Abstract

Pada penelitian ini, peneliti mengkaji atau merumuskan persoalan penelitian ini pada Bagaimana pola penggunaan internet sebagai media pengembangan pengetahuan dan wawasan santri di Pondok Pesantren Islam At-Tauhid Sidoresmo Surabaya. Adapun tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pola penggunaan internet sebagai media pengembangan pengetahuan dan wawasan santri di Pondok Pesantren Islam At-Tauhid Sidoresmo Surabaya dan bagaimana hambatan­ hambatan yang ada pada santri dalam memanfaatkan internet di Pondok Pesantren Islam At-Tauhid Sidoresmo Surabaya dan memahami peran tersebut dengan berdasarkan teori Uses dan Grafication. Untuk mengungkap persoalan tersebut secara menyeluruh dan mendalam, dalam penelitian ini digunakan metode kualitatif diskriptif yang berguna untuk memeriksa fakta dan data mengenai Peran Internet Sebagai Media Pengembangan Pengetahuan dan Wawasan Santri Di Pondok Pesantren Islam At-Tauhid Sidoresmo Surabaya, kemudian data tersebut dianalisis secara kritis sehingga diperoleh makna yang mendalam tentang peran tersebut. Dari hasil penelitian yang dilakukan peneliti di dapatkan bahwa : Penggunaan internet di Pondok Pesantren Islam At-Tauhid masih kurang adanya kesadaran dari para santri, hal ini disebabkan kurangnya fasilitas internet sehingga tidak dapat menampung santri yang ingin menggunakan atau belajar internet dan juga santri yang menggunakan internet masih banyak berkutat pada masalah-masalah keagamaan, hal ini juga menyebabkan kejenuhan santri dalam menggunakan internet dan juga terbatasnya waktu yang diberikan kepada santri dalam menggunakan internet yang hanya pada saat jam pelajaran internet. Untuk penelitian selanjutnya, sebaiknya lebih banyak meneliti bagaimnna peran internet dalam mengembangkan pendidikan dan pengembangan pengetahuan santri, hal ini diharapkan agar para pendidik dikalangan Pondok Pesantren dan satri dapat sadar bagaimana pentingnya menggunakan internet.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Munawaroh, SitiUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Internet
Pesantren
Santri
Uncontrolled Keywords: Internet; santri; media pengetahuan dan wawasan; pesantren
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Editor : samid library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 08 Jan 2019 07:27
Last Modified: 08 Jan 2019 07:27
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/28999

Actions (login required)

View Item View Item