Komunikasi Simbolik bagi guru pada Pendidikan Anak Usia Dini: studi Pendidikan Anak Usia Dini Al Batul di Desa Alasbuluh Kecamatan Wongsorejo Kabupaten Banyuwangi

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Priyadi, Eko (2011) Komunikasi Simbolik bagi guru pada Pendidikan Anak Usia Dini: studi Pendidikan Anak Usia Dini Al Batul di Desa Alasbuluh Kecamatan Wongsorejo Kabupaten Banyuwangi. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Eko Priyadi_B06206078.pdf

Download (2MB)

Abstract

Dalam skripsi ini penulis membahas tentang Komunikasi Simbolik Bagi Guru Pada Pendidikan Anak Usia Dini dengan fokus masalah pada: (1) Apa saja simbol yang digunakan guru untuk mengajar di PAUD AI-Batul Desa Alas Buluh Kecamatan Wongsorejo Kabupaten Banyuwangi? (2) Bagaimana pemaknaan simbol yang digunakan guru untuk mengajar di PAUD Al:Batul Desa Alas Buluh Kecamatan Wongsorejo Kabupaten Banyuwangi? Dalam menjawab penna lahan tersebut penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskripti[ Dalam proses pengumpulan data, penulis menggurlakan beberapa metode, metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun analisis data, penulis menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatit: yaitu berupa penyajian data dalam penulisan data yang relevan, baik lisan maupun tulisan dari objek penelitian di lembaga tersebut yang telah diamati, yang dalam hal ini penulis menggambarkan penilaian menyeluruh tentang situasi aktual. Dalam penelitian ini disimpulkan bahwa (1) Penggunaan Simbol atau isyarat yang diterapkan guru terhadap anak usia dioi di PAUD Al-Batul, ada yang dibuat dan di artikan oleh guru pengajar sendiri, dao ada juga simbol yang ditujukan oleh anak dan diartikan oleh guru tentang simbol tersebut. Simbol atau isyarat yang digunakan berupa: Seragam, Tangan di Alas Meja, Mengangkat Tangan, Senyuman, Acungan Jempol, Tepuk Tangan, Manganggukan K.epala, Menggeleng- Gelengkan K.epala, Menutup Mulut/Hidung, dan Gerakan Tubuh. (2) Pemaknaan Simbol atau isyarat yang diterapkan guru terhadap anak usia dini di PAUD Al-Batul, meliputi pemaknaan yang sifatnya mendidik seperti: bentuk identitas, kedisiplinan, bersikap berani, motivasi, penghargaan, dan respon apresiatit: sehiogga seorang anak dengan mudah memahami pelajaran yang diberikan guru pengajar.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Priyadi, Eko--UNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan > Komunikasi
Pendidikan > Pendidikan Anak
Uncontrolled Keywords: Komunikasi Simbolik; Guru; Anak Usia Dini
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Editor : Abdun Nashir------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 08 Jan 2019 06:56
Last Modified: 08 Jan 2019 06:56
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/28997

Actions (login required)

View Item View Item