Perilaku religiusitas pengusaha Muslimah Surabaya: studi kepatuhan berzakat pada Ikatan Pengusaha Muslimah Indonesia

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Firdaus, Muhammad Nuril (2018) Perilaku religiusitas pengusaha Muslimah Surabaya: studi kepatuhan berzakat pada Ikatan Pengusaha Muslimah Indonesia. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Muhammad Nuril Firdaus_F52416098.pdf

Download (7MB)

Abstract

Tesis ini bertujuan mengetahui dan menganalisa perilaku religiusitas yang mencakup keyakinan, pengalaman/praktik, penghayatan, pengetahuan dan komitmen pada IPEMI (Ikatan Pengusaha Muslimah Indonesia) Surabaya dalam kepatuhan berzakat perdagangan. Metodelogi penelitian yang digunakan adalah pendekatan deskriptif kualitatif dengan pola pikir induktif yaitu menjelaskan hasil penelitian mengenai fakta yang terjadi di lapangan yang selanjutnya dianalisis sesuai teori yang ada. Pengumpulan data melalui dokumentasi dan wawancara. Hasil penelitian yang diperoleh adalah perilaku religiusitas yang mencakup keyakinan, pengalaman dan praktik, penghayatan, pengetahuan, dan komitmen di IPEMI Surabaya sudah sangat baik hanya saja ada beberapa anggota yang masih kurang pengetahuan dan pemahaman tentang zakat perdagangan. Selain itu, belum terintegrasi secara komplek antara pengetahuan agama, perasaan, serta tindakan keagamaan terkait zakat perdagangan. Penulis memberikan saran kepada ketua dan anggota IPEMI Jawa Timur harus menyusun seminar atau edukasi tentang zakat perdagangan, selain itu, dalam hal penyaluran zakat perdagangan, untuk memudahkan bisa diserahkan kepada panitia BAZ (Badan Amil Zakat) di daerah dekat tempat tinggal agar disalurkan sesuai yang berhak menerimanya. Komunitas IPEMI Jawa Timur bisa menyusun manajemen pengelolaan zakat, dengan cara menghimpun dan menyalurkan zakat perdagangan para anggotanya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Firdaus, Muhammad Nurilnurilfirdaus23@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Ekonomi Islam
Wirausaha
Zakat
Uncontrolled Keywords: Zakat Perdagangan; Perilaku Religiusitas; Kepatuhan Berzakat
Divisions: Program Magister > Ekonomi Syariah
Depositing User: Firdaus Muhammad Nuril
Date Deposited: 08 Jan 2019 06:38
Last Modified: 08 Jan 2019 06:38
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/28995

Actions (login required)

View Item View Item