Analisis pesan moral dalam film layar lebar Get Married

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Zaman, Badruz (2009) Analisis pesan moral dalam film layar lebar Get Married. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Badruz Zaman_B06304073.pdf

Download (8MB)
Official URL: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/28977

Abstract

Ada dua permasalahan yang dikaji dalam skripsi ini, yaitu : (1) Bagaimana simbol pesan moral dalam film layar lebar Get Married. (2) Bagaimana makna simbol pesan moral dalam film layar lebar Get Married. Adapun tujuan dari penelitian adalah Untuk mengetahui simbol-simbol pesan moral sekaligus makna dari simbol-simbol tersebut dalam film layar lebar Get Married. Untuk mengungkap persoalan tersebut secara menyeluruh dan mendalam, dalam penelitian ini peneliti menggunakan metode penelitian paradigma kritis dan semiotika struktural Charles Sander Pierce, yang berguna untuk memberikan gambaran dan makna yang sesuai mengenai simbol-simbol pesan moral beserta makna dari simbol-simbol pesan moral. Dari hasil penelitian ini ditemukan (1) Suatu perbuatan itu dinilai bermoral jika perbuatan itu dilakukan dengan kesadaran dan sengaja sehingga menghasilkan penilaian baik dan buruk. ukuran baik dan buruk perbuatan manusia dapat dinilai menurut pandangan masyarakat sebuah masyarakat penentu baik dan buruk dalam kelompoknya sendiri. Karena itu ukuran baik dan buruk dalam faham nasionalisme adalah bersifat relatif (2) Dari simbol-simbol yang dipaparkan terungkap makna bahwasannya perilaku masyarakat menengah ke bawah memiliki kebiasaan menggunakan kekerasan untuk menyelesaikan setiap masalah-masalahnya. Sedangkan kebiasaan pergi ke dukun yang masih juga dilakukan oleh orang-orang menengah ke atas dan berpendidikan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Zaman, BadruzUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Dakwah > Pesan Dakwah
Pesan Dakwah

Film
Keywords: Analisis semiotik; pesan moral; film Get Married
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Editor : samid library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 04 Jan 2019 03:07
Last Modified: 04 Jan 2019 03:07
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/28977

Actions (login required)

View Item View Item