Dakwah Islam dan Dharma Duta Budha: studi tentang pola penyebaran agama Islam dan agama Budha di Desa Kebumen, Kecamatan Kebumen, Kabupaten Kebumen

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Sumardi, Sumardi (1995) Dakwah Islam dan Dharma Duta Budha: studi tentang pola penyebaran agama Islam dan agama Budha di Desa Kebumen, Kecamatan Kebumen, Kabupaten Kebumen. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Sumardi_139002460.pdf

Download (4MB)

Abstract

Batas antara penyebaran dan perkembangan suatu agma memang relatif, nuansa untuk agama-agama tidaklah sama penyebaran dimaksudkan sebagai tahapan proses memperkenalkan, menyeru, mengisi atau mentranformasikan suatu paham ajaran atau doktrin agama. Sedangkan perkembangan dimaksudkan sebagai tahapan lebih lanjut (follow up) setelah suatu paham, ajaran atau doktrin Agama diterima oleh suatu kelompok masyarakat dan kelompok itu mengembangkannya, sehingga menjadi mapan dan melembaga dan tidak lagi mudah goyah. Dalam hal ini masalah yang diangkat adalah bagaimanakah aktifitas Dakwah Islam dan Dharma Duta Buddha di Desa Kebumen? Bagaimanakah tentang pola penyebaran agama Islam dan agama Buddha di Desa Kebumen? Jenis penelitian ini deskriptid kualitatif dengan pendekatan yuridis dan sosiologis dengan akhir pembahasan menyimpulkan bahwa antara agama Islam dengan agama Buddha di Desa Kebumen didalam penyebaran ide-ide ajaran agamanya, yaitu melalui aktititas Dakwah Islam dan Dharma Duta Buddha, dilakukan melalui berbagai cara dan methode yaitu meliputi; strategi media massa, strategi rethorika, strategi seni budaya dan strategi sosial ekonomi. Dalam aspek pemikiran keagamaan, agama Islam dan agama Buddha mempunyai pandangan bahwa setiap umat pemeluknya, diwajibkan untuk menyebarkan dan mengembangkan agamanya. Agama Islam mewajibkan pemeluknya untuk melaksanakan Dakwah, dan agama Buddha mewajibkan pemluknya untuk melaksanakan Dharrna Duta.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Sumardi, Sumardi--UNSPECIFIED
Subjects: Dakwah > Dakwah - Manajemen
Dakwah > Dakwah - Metode
Keywords: Dakwah Islam; Dharma Duta Budha; agama Islam; agama Budha
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Editor : Abdun Nashir------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 03 Jan 2019 07:40
Last Modified: 03 Jan 2019 07:40
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/28967

Actions (login required)

View Item View Item