Verbalisasi pesan remaja Tuna Netra di Sekolah Luar Biasa Negeri Gedangan

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Karmala, Lidia (2009) Verbalisasi pesan remaja Tuna Netra di Sekolah Luar Biasa Negeri Gedangan. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Lidia Karmala_B06302027.pdf

Download (2MB)

Abstract

Ada tiga persoalan yang dikaji dalam skripsi ini, yaitu: ( l ) Bagaimana Verbalisasi pesan remaja tuna netra di Sekolah Luar Biasa Negeri Gedangan (2) Apa saja Faktor Pendukung dalam Verbalisasi pesan remaja tuna netra di Sekolah Luar Biasa Negeri Gedangan (3) hambatan-hambatan apa saja yang muncul dalam verbalisasi pesan remaja tuna netra. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan memahami bentuk penerimaan tuna netra terhadap pesan verbal. Untuk membahas persoalan-persoalan tersebut secara menyeluruh dan mendalam, dalam penelitian ini maka peneliti mengunakan metode deskriptif yang berguna untuk memberikan fakta dan data mengenai penerimaan serta pemahaman tuna netra terhadap pesan verbal. Dari hasil penelitian ini ditemukan bahwa (l) pemahaman mengenai pesan verbal bagi tuna netra pada awalnya dirasa tidak mudah dan memerlukan waktu yang tidak singkat. Untuk memahami kata-kata yang seriang mereka dengar dan mereka gunakan sehari-haripun juga membutuhkan cara-cara khusus, misalnya mereka hams fokus pada pembicaraan tersebut, suara/kata-kata yang mereka terima tidak boleh terlalu cepat dan lain. (2) Ada beberapa faktor pendukung bagi tuna netra dalam memahami pesan verbal yang mereka terima seperti: hurf Brahille yang membantu tuna netra dalam mencari informasi mesin ketik brahille, miniatur, dan lain-lain. (3) Terdapat beberapa hambatan yang dialami tuna netra dalam memahami pesan verbal antara lain: memahami kata-kata abstrak, kata-kata baru yang belum mereka dengar sebelumnya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Karmala, Lidia--UNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan > Komunikasi
Pendidikan > Pendidikan - Tunanetra
Uncontrolled Keywords: Verbalisasi pesan; pesan remaja; remaja Tuna Netra; Sekolah Luar Biasa
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Editor : Abdun Nashir------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 02 Jan 2019 05:17
Last Modified: 02 Jan 2019 05:17
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/28954

Actions (login required)

View Item View Item