Pengembangan kurikulum PAI untuk membentuk anak sholeh bagi anak usia dini: studi multi kasus di TK Al Fath dan TK Raden Paku Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Marzuqi, Ahmad (2018) Pengembangan kurikulum PAI untuk membentuk anak sholeh bagi anak usia dini: studi multi kasus di TK Al Fath dan TK Raden Paku Surabaya. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Ahmad Marzuqi_F12315197.pdf

Download (5MB)

Abstract

Pendidikan Islam merupakan salah satu ikhtiar untuk melahirkan generasi yang unggul. Diantara sarana untuk mencapai hal tersebut adalah dengan memperhatikan kurikulum pendidikan yang digunakan. Kurikulum sebagai salah satu pokok acuan dalam melaksanakan pendidikan. Kurikulum yang penulis teliti adalah kurikulum Pendidikan Agama Islam yang dikembangkan oleh lembaga. Dalam hal ini guru, pengurus yayasan, komite sekolah, tokoh masyarakat serta wali murid. Lembaga yang menjadi obyek penelitian adalah TK Al-Fath dan TK Raden Paku Surabaya. TK Al-Fath dan TK Raden Paku Surabaya adalah salah satu diantara lembaga pendidikan yang berbasis nilai – nilai keislaman yang otomatis kurikulum yang digunakan dikembangkan sendiri sesuai dengan visi dan misi lembaga. Dengan tetap mengacu terhadap kurikulum yang telah ditetapkan oleh pemerintah. Berangkat dari hal tersebut diatas, penelitian ini menghasilkan rumusan masalah 1. Bagaimana proses perencanaan Kurikulum Pendidikan Agama Islam (PAI) untuk membentuk anak sholeh di TK Al-Fath Surabaya dan TK Raden Paku Surabaya? 2. Bagaimana dokumen kurikulum PAI yang dihasilkan dalam membentuk anak sholeh di TK Al-Fath Surabaya dan TK Raden Paku Surabaya? 3. Bagaimana implementasi kurikulum PAI dalam membentuk anak sholeh di TK Al-Fath Surabaya dan TK Raden Paku Surabaya? Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan teknik pengumpulan data menggunakan Dokumentasi, Observasi dan Wawancara mendalam. Yang menjadi sumber utama adalah Kepala TK Al-Fath dan TK Raden Paku, Dewan Guru TK Al-Fath dan TK Raden Paku, Wali Murid TK Al-Fath dan TK Raden Paku, Siswa TK Al-Fath dan TK Raden Paku, Kurikulum PAI TK Al-Fath dan TK Raden Paku dan Dokumentasi proses pengembangan kurikulum PAI di TK Al-Fath dan TK Raden Paku. Sedangkan data tambahan mencakup sejarah berdirinya sekolah, visi dan misi sekolah, kondisi geografis, struktur organisasi, kondisi guru, kondisi siswa serta kondisi sarana prasarana. Sedangkan dalam analisa data penulis menggunakan teknik analisis data Trianggulasi. Penelitian ini menghasilkan kesimpulan secara umum bahwa kegiatan proses perencanaan pengembangan kurikulum PAI, dokumen kurikulum PAI yang dihasilkan dan implementasi kurikulum PAI di TK Al-Fath dan TK Raden Paku telah dilaksanakan dengan sangat baik sehingga menghasilkan anak‐anak yang sholeh, cerdas dan mandiri.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Marzuqi, Ahmadamarzuqi1980@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan Islam > Pendidikan Islam - Kurikulum
Pendidikan > Pendidikan Anak
Keywords: Pengembangan kurikulum; pendidikan agama Islam; anak usia dini; anak sholih
Divisions: Program Magister > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Marzuqi Ahmad
Date Deposited: 31 Dec 2018 03:29
Last Modified: 22 Feb 2019 08:17
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/28946

Actions (login required)

View Item View Item