Strategi Pesantren menuju Pendidikan Internasional

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

A'la, Abd (2016) Strategi Pesantren menuju Pendidikan Internasional. In: Pendidikan Islam: memajukan umat dan memperkuat kesadaran bela negara. Kencana, Jakarta, pp. 97-104. ISBN 978-602-422-028-0

[img] Text
Abd A'la_Strategi Pesantren Menuju Pendidikan Internasional.pdf

Download (3MB)

Abstract

Mengangkat signifikansi peran pondok pesantren dalam pembentukan dan pengembangan pendidikan, khususnya pendidikan Islam, di Indoneisa nyaris tidak perlu diperdebatkan dan diragukan lagi. Jauh sebelum Indonesia merdeka, isntitusi yang dibidani oleh para ulama (kiai) ini hadir di bumi Nusantara. Sejarah yang dilalui memperlihatkan bahwa pesantren bukan sekadar mampu menjaga kebertahanan dari terpaan zaman, tapi juga dapat merawat perkembangannya yang terus meningkat dari saat ke saat. Menurut data yang ada, lembaga ini pertama kali didirikan, khususnya di tanah Jawa, pada abad ke-15 oleh Maulana Malik Ibrahim (salah satu wali songo tertua) dan kemudian ditumbuhkembangkan oleh para wali songo yang lain. Pada akhir abad ke-19, jumlah pesantren di Jawa berkembang mencapai 300 buah (Mastuki, 2010:70), dan pada tahun 2012 berjumlah 27.230.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Book Section
Creators:
CreatorsEmailNIM
A'la, Abdabdalabs@yahoo.comUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan Islam
Pesantren
Pendidikan > Pendidikan - Sekolah Internasional
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Islam; Pendidikan Pesantren; Pendidikan Internasional
Divisions: Karya Ilmiah > Artikel dalam Buku
Depositing User: yudhi Aleem
Date Deposited: 28 Dec 2018 06:49
Last Modified: 28 Dec 2018 06:49
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/28945

Actions (login required)

View Item View Item