Komunikati pemasaran PT. Pertamina (Persero) UPMS V Surabaya dalam menghadapi bisnis BBM: studi kualitatif di PT. Pertamina Pemasaran BBM retail region V Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Cholifah, Siti (2011) Komunikati pemasaran PT. Pertamina (Persero) UPMS V Surabaya dalam menghadapi bisnis BBM: studi kualitatif di PT. Pertamina Pemasaran BBM retail region V Surabaya. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Siti Cholifah_B06207081.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini mengkaji permasalahan yaitu bagaimana strategi komunikasi pemasaran pertamina dalam menghadapi persaingan bisnis di bidang BBM. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memahami dan mendeskripsikan strategi komunikasi pemasaran pertamina dalam menghadapi persaingan bisnis di bidang BBM. Untuk mendeskripsikan permasalahan tersebut agar didapat hasil yang baik dan maksimal peneliti menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif dengan pendekatan fenomenologi, adapun jenis data yang digunakan yakni data primer dan data sekunder dengan memilih informan menggunakan teknik purposive sampling. Dalam peugumpulan data peneliti menggunakan teknik wawancara mendalam, dokumentasi dan observasi. Kemudian data yang sudah diperoleh dianalisis menggunakan analisis data model interaktif. Hasil penelitian dan fakta di lapangan ditemukan bahwa dalam menghadapi competitornya, Pertamina mempunyai strategi komunikasi pemasaran antara lain: (1) Belaw the line, dalam langkah ini Pertamina mempunyai strategi pembrandingan. Branding yang dilakukan pertama yakni membuat tagline atau brand yang berupa Pasti Pas. Selain melakukan pembuat tagline Pasti Pas, pertamina juga melakukan tranformasi di bidang pemasarannya yakni melakukan perbaikan dari segi fisik, kualitas dan kuantitas, dan dari segi pelayanan. (2) Above the line, dalam langkah ini Pertamina mempunyai strategi yang mendukung langkah pertama yaitu Promosi. Promosi yang dilakukan Pertamina menggunakan semua line baik promosi langsung ataupun promosi tidak langsung. Pertamina dalam melakukan promosi secara langsung seperti beriklan melalui media yang komersial seperti TV, radio, surat kabar, majalah dan juga online (internet). Selain media komersial Pertamina juga menggunakan media outdoor seperti stiker, billboard, spanduk. Event pameran dalam loancing produk juga turut mendukung promosi Pertamina secara langsung. Selain Promosi-promosi yang dilakukan diatas, Pertamina juga melakukan program yang mendukung kegiatan promosi ini yakni program CSR (Coorporate Social Responsibility). Dari penelitian ini, terdapat saran yang dapat dijadikan pertimbangan bagi peneliti lain jika akan melakukan penelitian sejenis adalah agar peneliti lebih membabas bagaimana kerjasama yang dilakukan antar praktisi Retail (pemasar) dengan Praktisi Public Relalion dalam suatu perusahaan untuk menciptakan strategi komunikasi pemasaran yang inovatif sehingga mendapatkan hasil yang memuaskan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Cholifah, SitiUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Komunikasi
Pemasaran
Bisnis
Uncontrolled Keywords: Komunikasi; pemasaran; bisnis BBM
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Editor : samid library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 27 Dec 2018 03:17
Last Modified: 27 Dec 2018 03:17
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/28938

Actions (login required)

View Item View Item