Pola komunikasi organisasi di PT. Trakindo Utama Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Purwasih, Yenny (2011) Pola komunikasi organisasi di PT. Trakindo Utama Surabaya. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Yenny Purwasih_B06207070.pdf

Download (1MB)

Abstract

Persoalan yang di kaji dalam skripsi ini adalah bagaimana model komunikasi vertikal dan horisontal serta teori yang diterapkan dalam suatu komunikasi organisasi. Adapun yang diharapkan dalam penelitian ini adalah untuk memahami model komunikasi vertikal dan horizontal yang dilakukan organisasi di perusahaan. Untuk mengungkap persoalan tersebut secara menyeluruh dan mendalam dalam penelitian ini digunakan metode deskriptif yang berguna untuk memberikan fakta dan data mengenai pola komunikasi yang terjadi di PT.Trakindo Utama Surabaya, sehingga diperoleh pemahaman yang mendalam tentang pola komunikasi tersebut. Dari hasil penelitian yang menggunakan metode pengumpulan data dengan wawancara, observasi dan dokumentasi dapat ditemukan bahwa pola komunikasi organisasi yang mengfokuskan pada pola komunikasi vertikal dan horisontal dilakukan secara langsung dan lewat media. Yaitu komunikasi yang dilakukan antara karyawan dan pimpinan maupun sebaliknya komunikasi antara pimpinan dan karyawan. Antara pimpinan dan karyawan mempunyai hak yang sama untuk menjadi komunikator dan komunikan karena antara pimpinan dan karyawan menggunakan kata mitra dalam perusahaan hal ini yang menjadikan kondisi antara pimpinan dan karyawan mempunyai keterkaitan dan saling membutuhkan antara satu dengan yang lainnya. Dari penelitian ini, ada beberapa saran yang diperkirakan dapat dijadikan bahan pertimbangan bagi peningkatan kualitas pola komunikasi yang ada di perusahaan. Saran tersebut antara lain: (I) sebagai seorang pimpinan hendaknya bisa lebih terbuka dan apa adanya dengan karyawan, sehingga untuk komunikasi selanjutnya karyawan tidak akan takut atau malu untuk melakukan komunikasi.(2) sebagai seorang karyawan yang dianggap mitra bagi pimpinan seharusnya tidak ada lagi rasa takut untuk menyampaikan segala sesuatu yang ingin diketahui tentang perusahaan. Karena karyawan adalah bagian yang penting dari suatu perusahaan. Dengan komunikasi yang baik maka akan menjalin hubungan yang baik antara pimpinan dan karyawan maupun karyawan dengan karyawan bisa berjalan dengan baik.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Purwasih, YennyUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Komunikasi
Perusahaan Perdagangan
Uncontrolled Keywords: Pola komunikasi; komunikasi organisasi
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Editor : samid library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 27 Dec 2018 01:55
Last Modified: 27 Dec 2018 01:55
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/28936

Actions (login required)

View Item View Item