Perilaku komunikasi guru berdasarkan dominasi fungsi otak kanan dan otak kiri: studi pada guru Mts Fadlillah

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Fahmi, Yanuar (2011) Perilaku komunikasi guru berdasarkan dominasi fungsi otak kanan dan otak kiri: studi pada guru Mts Fadlillah. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Yanuar Fahmi_B06207020.pdf

Download (4MB)

Abstract

Fokus dalam skripsi ini adalah bagaimana bentuk perilaku komunikasi guru MTs Fadlillah yang dilakukan dalam upaya meningkatakan mutu pembelajaran dan pendidikan. Untuk menjawab permasalahan yang ada, maka peneliti menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriftif kualitatif. Sesuai dengan persoalan tersebut maka teknik pengumpulan data yang digunakan adalah pengamatan terlibat, wawancara mendalam, dan dokumenter untuk menegaskan data maka dilakukan melalui perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamatan dan triangulasi. Subyek penelitiannya adalah guru MTs Fadlillah yang berlokasi di Jalan Kyai Ali, Tambak Sumur Waru Sidoarjo, karena sesuai dengan tema penelitian yaitu perilaku komunikasi pada guru dari dominasi fungsi otak kanan dan otak kiri. Dalam hal ini peneliti mengambil 8 informan yang terdiri dari guru pengajar di MTs Fadlillah. Hal ini sudah mencukupi sebagai dasar informasi bahwa mereka adalah orang yang paling sesuai tentang penelitian ini. Dari hasil penelitian perilaku komunikasi berdasarkan dominasi otak ini, maka dapat disimpulkan atas penemuan diantaranya adalah (1) bahwa memang benar adanya perbedaan perilaku dan cara berkomunikasi seorang guru yang didominasi oleh otak kanan dengan guru yang didominasi otak kiri, (2) sering kali guru Yang didominasi otak kanan lebih terlihat bisa menggunakan perasaan dan emosi yang dimilikiny, dibanding guru yang didominasi otak kiri yang lebih mengedepankan logika dan fakta, (3) guru yang idominasi otak kanan lebih mengedepankan emosi dari pada rasio, sedangkan guru yang didominasi otakkiri sering kali erfikir rasional dari pada emosional, (4) banyak perbedaan perilaku diantara keduanya, jika seorang gurur didominasi otak kanan maka dari hasil penelitian, sering kali guru seperti ini gemarsekali pada hal-hal yang berhubungan dengan imajinasi, guru seperti ini lebih suka melihat simbol-simbol dan gambar dari pada tulisan dari pada tulisan, mereka mampu berbicara lama tanpa henti, dan guru seperti ini sangatlah demonstrative yaitu selalu menggerakkan tubuhnya saat menerangkan sesuatu pada orang lain, (5) sedangkan guru yang didominasi otak kiri jika merujuk pada data penelitian ini guru yang didominasi otak kiri sering kali mengedepankan fikirannya dari pada hati nurani, guru seperti ini tidak suka berbicara yang bertele-tele yang sebenarnya maknanya hanya seperempat hanya seperempat dari panjang kalimat yang disampaikan, dan guru seperti ini pada saat menerangkan sesuatu hal mereka sanggup melakukannya dengan sangat terperinci, lengkap dan detail sekali. Beberapa saran yang diperkirakan dapat dijadikan bahan pertimbangan bagi MTs Fadlillah dalam upaya peningkatan mutu guru pengajar sehingga dapat tercapai cita-cita luhur yang diharapkan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Fahmi, YanuarUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Guru
Komunikasi
Perilaku
Uncontrolled Keywords: Perilaku; komunikasi; otak kanan dan kiri; guru
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Editor : samid library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 26 Dec 2018 04:33
Last Modified: 26 Dec 2018 04:33
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/28931

Actions (login required)

View Item View Item