PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI PERKALIAN DENGAN MENGGUNAKAN METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF MODEL NUMBERED HEADS TOGETHER KELAS IIB MI ISLAMIYAH KRAMAT JEGU SIDOARJO

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Ula, Nur Kholifatul (2015) PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI PERKALIAN DENGAN MENGGUNAKAN METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF MODEL NUMBERED HEADS TOGETHER KELAS IIB MI ISLAMIYAH KRAMAT JEGU SIDOARJO. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (267kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (125kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (222kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (404kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (461kB) | Preview
[img] Text
Bab 3.pdf

Download (341kB)
[img] Text
Bab 4.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (169kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (123kB) | Preview

Abstract

Hasil Belajar Matematika pada materi perkalian siswa kelas IIB MI Islamiyah masih belum maksimal. Hal ini disebabkan oleh beberapa faktor,diantaranya kurangnya media pembelajaran, proses pembelajarannya masih menggunakan metode ceramah, demonstrasi. Menanggapi hal tersebut, maka akan dilaksanakannya pembelajaran menggunakan metode pembelajaran kooperatif model NHT melalui penelitian tindakan kelas.Permasalahan yang dikaji pada penelitian ini adalah: (1) Bagaimana kecakapan guru dalam memberi pembelajaran matematika materi perkalian menggunakan metode pembelajaran kooperatif model NHT; (2) Bagaimana
peningkatan hasil belajar matematika materi perkalian dengan menggunakan metode pembelajaran kooperatif model NHT kelas IIB MI Islamiyah Kramat Jegu Sidoarjo.Tujuan dari permasalahan yang dihadapi yakni: (1) untuk mengetahui
kecakapan guru dalam memberi pembelajaran matematika materi perkalian menggunakan metode pembelajaran kooperatif model NHT; (2) untuk mengetahui peningkatan hasil belajar matematika materi perkalian kelas IIB MI Islamiyah Kramat Jegu Sidoarjo.Modelyang digunakan dalam Penelitian Tindakan Kelas ini adalah model Kurt Lewin yang dilaksanakan dalam dua siklus untuk mengetahui hasil belajar siswa melalui pendekatan kontekstual. Tiap siklus terdiri dari perencanaan,pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Adapun pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara, observasi, tes hasil belajar, dan
dokumentasi.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1)kecakapan guru dalam memberi pembelajaran matematika materi perkalian menggunakan metode pembelajaran
kooperatif model NHT dapat meningkatkan aktivitas guru dan siswa dalam pembelajaran matematika, dapat diketahui persentase aktivitas guru meningkat pada siklus I sebesar 77% menjadi 86.66% pada siklus II, sedangkan persentase
aktivitas siswa dari 70% pada siklus I menjadi 80% pada siklus II; (2) Metode pembelajaran kooperatif model NHTdapat meningkatkan hasil belajar matematika pada materi perkalian, Hal ini ditunjukkan dengan persentase ketuntasan belajar pada siklus I mencapai 69.56% dan pada siklus II mencapai 86.95%.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Ahmad Yusam Tobroni
Creators:
CreatorsEmailNIM
Ula, Nur KholifatulUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Metode Pembelajaran
Matematika
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Editor : Aries Hamidah------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 30 Nov 2015 02:27
Last Modified: 30 Nov 2015 02:27
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/2893

Actions (login required)

View Item View Item