Efektifitas sosialisasi Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat Mandiri (PNPM Mandiri) terhadap pemahaman warga tentang pengolahan sampah rumah tangga di Desa Sedati Agung Kecamatan Sedati Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Yuliana, Shinta (2010) Efektifitas sosialisasi Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat Mandiri (PNPM Mandiri) terhadap pemahaman warga tentang pengolahan sampah rumah tangga di Desa Sedati Agung Kecamatan Sedati Sidoarjo. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Shinta Yuliana_B06206081.pdf

Download (572kB)

Abstract

Ada dua persoalan yang hendak dikaji dalam Skripsi ini, yaitu (1) Apakah ada efektivitas sosialisai PNPM Mandiri terhadap pemahaman pengolahan sampah rumah tangga (2) Jika ada sejauh mana tingkat pemahaman pengolahan sampah rumah tangga di Desa Sedati Agung terhadap tingkat efektifitas sosialisasi PNPM Mandiri. Untuk mengungkap persoalan tersebut secara menyeluruh dan mendalam, dalam penelitian ini digunakan metode dan jenis penelitian kuantitatif dengan pendekatan survei adalah metode riset dengan menggunakan kuesioner sebagai instrumen pengumpulan datanya. Tujuannya untuk memperoleh informasi tentang sejumlah responden yang dianggap mewakili populasi tertentu. Data tersebut diperoleh dari penyebaran angket oleh peneliti kepada semua responden. Hasil penelitian ini diperkuat dengan hasil perhitungan dengan menggunakan analisis uji Chi-Kuadrat. Berdasarkan hasil perhitungan Chi­ Kuadrat, maka dapat diperoleh hasil bahwa nilai Chi-Kuadrat hitung lebih besar dari niali tabel, maka Ho tolak dan Ha diterima, artinya sosialisasi PNPM Mandiri terdapat efektifitas pemahaman warga tentang pengolahan sampah rumah tangga. Melihat hasil yang diperoleh diatas, koefisien korelasi adalah 0,2, dapat disimpulkan bahwa Efektitifitas sosialisasi PNPM terdapat efektifitas yang sangat lemah terhadap pemabaman warga tentang pengolahan sampah rumah tangga. Bertitik tolak dari penelitian ini beberapa saran yang diperkirakan dapat dijadikan bahan pertimbangan bagi peningkatan desa dibidang kesehatan. (1) ketika berlangsungnya sosialisasi sebaiknya warga mendengarkan dengan seksama pesan yang terkandung dalam sosilaisasi tersebut. (2) selain juga sosilaisasi merupakan unsur yang sangat penting karena dalam sosialisasi tersebut dapat memberikan pengetahuan baru sehingga warga dapat aktif dalam usaha pembangunan desa. Sehingga tercipta lingkungan yang bersih, indah dan nyaman.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Yuliana, ShintaUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Komunikasi
Masyarakat
Pemberdayaan
Uncontrolled Keywords: Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat Mandiri (PNPM Mandiri); pemahaman warga; pengolahan sampah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Editor : samid library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 26 Dec 2018 04:17
Last Modified: 26 Dec 2018 04:17
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/28929

Actions (login required)

View Item View Item