Tinjauan pidana Penghinaan ditinjau dari segi hukum Pidana Positif dan hukum Pidana Islam: studi perbandingan

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Fathoni, Mochammad (1995) Tinjauan pidana Penghinaan ditinjau dari segi hukum Pidana Positif dan hukum Pidana Islam: studi perbandingan. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Mochammad Fathoni_019000127.pdf

Download (11MB)
Official URL: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/28919

Abstract

Berdasarkan dua pandangan baik dari segi hukum Positif maupun hukum Islam mengenai tindak Pidana Penghinaan yang diantara keduanya itu tidaklah dapat dikatakan sama akan tetapi banyak juga perbedaan- perbedaan. Oleh karena itu dapat diangkat suatu masalah disini yaitu bagaimana diskripsi tindak pidana penghinaan menurut Kitab Undang - Undang Hukum Pidana dan Menurut Hukum Islam. Bagaimana Perbndingan antara kedua hukum tersebut. (Analisa persamaan dan perbedaan). Melalui metode deskriptif dan komparatif pembahasn ini menghasilkan suatu simpulan diantaranya bahwa penghinaan menurut Hukum Pidana Positif adalah menyerang dan merusak kehormatan serta nama baik seseorang baik secara lisan, tulisan, isyarat maupun perbuatan dan bukan dalam bidang seksual. Sedangkan menurut Hukum Pidana Islam bahwa penghinaan adalah menganggap rendah dan remeh terhadap harga diri dan kehormatan orang lain baik secaralisan, tulisan, isyarat maupun perbuatan. Dan hal itu dilakukannya secara sengaja tanpa senda gurau.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Fathoni, Mochammad--UNSPECIFIED
Subjects: Fitnahan
Hukum > Hukum Pidana Islam
Keywords: Pidana Penghinaan; hukum Pidana Positif; hukum Pidana Islam
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: Editor : Abdun Nashir------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 21 Dec 2018 07:03
Last Modified: 21 Dec 2018 07:03
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/28919

Actions (login required)

View Item View Item